Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Provinsi Maluku, menggencarkan program vaksinasi COVID-19 keliling dengan menyasar warga yang beraktivitas di terminal transit Desa passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Jumat.

"Tim vaksinator beranggotakan tujuh orang diterjunkan untuk menangani serbuan vaksinasi di terminal transit Passo," kata Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjen TNI Said Latuconsina, di Ambon, Jumat.

Menurutnya, tim vaksinator Lantamal IX menargetkan 100 orang dapat divaksin dalam serbuan vaksinasi tersebut, mengingat terminal transit Passo menjadi penghubung kendaraan dari luar kota menuju Pusat Kota Ambon.

"Yang disasar adalah warga yang sedang beraktivitas maupun warga luar kota yang turun di terminal transit Passo sebelum mereka ke pusat kota maupun sebaliknya termasuk pengemudi angkutan kota dalam provinsi (AKDP)," katanya.

Baca juga: Pangdam: Strategi percepatan vaksinasi di Malra patut dicontoh, beginilah penjelasannya

Selain melayani suntikan vaksin dosis pertama dan kedua, tim vaksinator Lantamal juyga memprioritaskan suntikan vaksin penguat atau booster bagi warga yang telah mendapatkan suntikan primer lebih dari e bulan.

Dia menambahkan program serbuan vaksinasi yang merupakan perintah (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk mendukung program Presiden Joko Widodo mengatasi pandemi COVID-19, terus digelar pihaknya dengan menggandeng berbagai komponen masyarakat

"Kami menggandeng berbagai komponen untuk menyukseskan serbuan vaksinasi baik secara terpusat di Rumkital FX. Suhardjo Lantamal Halong, maupun secara berkeliling di berbagai lokasi maupun di negeri dan desa nelayan yang menjadi binaan guna mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan suntikan vaksinasi," tandasnya.

Sejak awal Januari hingga pertengahan Maret 2022 tim vaksinasi Lantamal IX Ambon telah telah menangani penyuntikan vaksin kepada 16.371 orang warga, termasuk jajaran personel Lantamal IX Ambon.

Baca juga: Lantamal IX gencarkan vaksinasi penguat di Ambon, dorong capaian target

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022