Para Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 38 yang tergabung dalam wadah Moro Trihasta, menggelar bhakti sosial berupa khitanan massal untuk 50 orang anak dari keluarga kurang mampu serta vaksinasi COVID-19 di Kota Ambon, Maluku.

Perwakilan perwira AAL angkatan ke-38,  Kolonel Laut (E) Tarsisius Susilo, di Ambon, Senin, mengatakan, bhakti sosial itu dipusatkan di Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. F. X. Suhardjo Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX/ Ambon.

Mereka juga bergandengan tangan dengan Lantamal IX menggelar serbuan vaksinasi COVID-19 dosis kedua dan ketiga atau booster dengan target 200 orang warga yang dipusatkan di tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

"Dua kegiatan sosial yang digelar di lokasi berbeda ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan 30 tahun pengabdian Alumni Akabri Angkatan 1992 (Persada 92) kepada bangsa dan negara," ujar Tarsisius.

Para alumni juga memberikan paket bantuan kepada anak yang dikhitan maupun paket kebutuhan pokok untuk warga yang datang mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Khusus khitanan massal diharapkan dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu, sedangkan vaksinasi untuk memperkuat ketahanan dan kekebalan kelompok warga di Kota Ambon dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang belum berakhir," katanya.

Kedua kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh para lulusan Akabri dan Akpol angkatan tahun 1992, sekaligus menjadi ajang temu kangen para alumni semasa mengikuti pendidikan pada 30 tahun silam.
Para alumni AAL angkatan 38 menyerahkan paket bantuan kepada anak-anak yang mengikuti khitanan massal di Ambon, Senin (28/3). Khitanan massal dan vaksinasi COVID-19 digelar dalam rangka peringatan 30 tahun pengabdian Alumni Akabri Angkatan 1992 (Persada 92) kepada bangsa dan negara. (HO/Dispen Lantamal IX Ambon)

Berbagai aksi sosial itu, ujarnya akan terus berlanjut dan berkesinambungan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara serta masyarakat hingga puncak acara di AAU Yogyakarta pada 1 Agustus 2022.

Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjen TNI Said Latuconsina menegaskan, pihaknya tidak pernah berhenti menggelar serbuan vaksinasi baik secara terpusat di Rumkital FX. Suhardo maupun berkeliling di sejumlah lokasi strategis.

Khusus serbuan vaksinasi di Lapangan Merdeka dilaksanakan melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon serta Alumni Persada 92 dengan target 200 orang warga penerima dosis pertama dan kedua dengan vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca serta vaksin Pfizer untuk dosis penguat.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon yang turut hadir meninjau serbuan vaksinasi itu, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para alumni Akabri dan Akpol tahun 1992 terhadap dukungan program vaksinasi.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada alumni Akabri dan Akpol 92 atas dukungannya dalam kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 bekerja sama dengan Dinkes kota Ambon," ujar Pangdam Richard.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022