Pemilik usaha Kedai Karibo Coffe membagikan takjil gratis untuk warga selama bulan Ramadhan di kawasan Kota Jawa, Teluk Ambon, Maluku.

“Ini agenda kita selama Ramadhan. Siapa saja yang melaksanakan ibadah puasa, bisa mampir ke sini tepatnya di Kota Jawa sambil menikmati semua menu yang ada. Pesannya sesuka hati asalkan makan dan minum di tempat,” kata Pemilik Karibo Coffe, Saiful Etlegar, di Ambon, Jumat. 

Ia mengatakan, menu gratis yang dipesan sesuka hati pengunjung ini hanya berlaku dari pukul 17.00 WIT sampai 19.00 WIT. Setelah itu, tarif normal berlaku seperti biasanya. 

“Takjil gratis atau menu gratis ini kami sediakan hanya untuk berbuka puasa saja. Siapa yang datang di malam hari, ya tetap membayar seperti biasanya,” katanya. 

Kata Saiful, selain bulan Ramadhan, mereka juga membagi menu gratis untuk umat muslim yang melakukan puasa sunah. 

“Selain dari bulan Ramadhan, ada juga disediakan buka puasa gratis untuk yang melaksanakan puasa-puasa sunah misalkan, puasa Senin Kamis,” ucapnya. 

Baca juga: Pemkot Ternate sediakan areal "Kampung Ramadhan" untuk PKL jual takjil

Tidak hanya membagi menu gratis, tambah Saiful, Karibo Coffe juga membuka donasi untuk masyarakat yang ingin menyumbangkan pakaian bekas kayak pakai, kerudung, serta mukenah. 

“Kami di Karibo Coffe juga membuka donasi untuk siapa saja yang mau bersedekah, bukan saja takjil tapi di sini juga membuka donasi berupa kerudung bekas, mukenah bekas, pakaian-pakaian bekas yang layak pakai untuk didonasikan kepada teman-teman kita yang membutuhkan terutama para kaum faqir, janda, dan juga anak-anak yatim,” terang Saiful. 

Ia mengaku, kegiatan ini dilakukan karena termotivasi untuk menginspirasi anak muda terutama anak muda Maluku untuk melakukan hal-hal positif dan bermanfaat di bulan suci Ramadhan 

“Agenda ini sudah berlaku sejak satu tahun yang lalu dari 2021. Yang pertama kita cari amal jariyah atau amalan untuk kita tinggalkan. Saya juga ingin mengajak anak muda Maluku untuk tidak harus diam di tempat, tapi di mana tergerak hatinya untuk melakukan kebaikan, atau hal-hal yang positif. Jadi lebih untuk menginspirasi anak Maluku,” tuturnya. 

Baca juga: Menu Lezat Ramadhan - Es kendil, takjil nikmat dari Sumbawa

Berdasarkan pantauan ANTARA, sejumlah warga yang mendatangi kedai Karibo coffe tampak antusias dan ramai. Kebanyakan dari kalangan mahasiswa. 

Salah satunya seperti Dedi Renwarin, mahasiswa Unpatti yang sering mengunjungi kedai Karibo Coffe, mengaku sangat bersyukur dengan inisiatif yang dilakukan Karibo coffe ini. 

“Ini cukup membantu saya dan teman-teman saya, selaku mahasiswa yang merantau jauh dari rumah. Kami sangat bersyukur tentunya,” kata Dedi. 

Menurutnya, apa yang dilakukan Karibo Coffe ini sangat bermanfaat dan menginspirasi anak muda Maluku. 

“Saya kagum dengan mereka yang melakukan hal-hal bermanfaat seperti ini. Saya sendiri termotivasi untuk di kemudian hari bisa melakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan Karibo Coffe,” pungkas Dedi.

Baca juga: Lezatnya Nasi jaha takjil favorit warga Ternate saat Ramadhan

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022