Rutinitas makan dan minum seseorang setiap hari tanpa dikontrol secara baik akan membawa dampak buruk terhadap kesehatan. Ketika seseorang memasuki usia 30 atau 40 tahun hal tersebut akan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, kolestrol atau strok.

"Makanya ada perintah Allah SWT kepada manusia untuk melaksanakan ibadah puasa sehingga bisa mengendalikan diri dan mengatur pola makan/minum untuk hidup sehat," kata Ustad Arsal Tuasikal di Ambon, Rabu.

Penegasan tersebut disampaikan Ustad Arsal saat memberikan tausyah pada acara buka puasa bersama antara pimpinan dan anggota DPRD bersama seluruh pegawai sekretariat DPRD Maluku.

Menurut dia, ada sebuah hadis pendek yang mengatakan, berpuasalah agar kamu hidup sehat. Para nabi juga melakukan ibadah puasa seperti Nabi Daud atau ayahnya Nabi Sulaiman.

Baca juga: Pentingnya jaga kadar kolesterol saat puasa, begini tips kesehatannya

Semua agama samawi di dunia pada dasarnya memiliki perintah kepada umatnya untuk berpuasa agar manusia bisa mengendalikan diri.

"Yang namanya agama itu selalu sempurna tetapi manusianya yang tidak sempurna dan ketika ada eror maka bukan agamanya melainkan manusianya sendiri," tandasnya.

Sementara Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury mengatakan, buka puasa bersama antara pimpinan dan anggota DPRD dengan semua staf sekretariat DPRD karena disadari betul dalam melaksanakan angenda dewan tanpa koordinasi dan dukungan semua staf maka apa yang dikerjakan menjadi sia-sia.

"Karena itu kita menggunakan kesempatan buka puasa bersama ini untuk merapatkan persaudaraan kita, maupun hidup orang bersaudara sebagai agen dari berbudaya kita di Maluku," ucapnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan buka puasa bersama ini maka semuanya makin dikuatkan dan dimotivasi untuk melaksanakan berbagai agenda dewan dengan sebaik-baiknya.

"Di tengah aksi demo yang menyuarakan aspirasi masyarakat, dibutuhkan suatu kekuatan yang penuh untuk bisa melaksanakan apa yang menjadi harapan serta dambaan masyarakat," kata Lucky.

Baca juga: Tips kesehatan, berolahraga saat Ramadhan disarankan maksimal satu jam
Baca juga: Tips kesehatan, seluk beluk kanker hati

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022