Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Risyapudin Nursin menginstruksikan seluruh jajaran polres di daerah itu meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 dengan melakukan berbagai inovasi.

"Untuk itu, biro ops agar ingatkan kembali para Kabag Ops Polres jajaran untuk lebih menggenjot lagi capaian vaksinasinya dengan terus melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif serta sosialisasi ke masyarakat," katanya, di Ternate, Kamis.

Ia mengatakan memperbanyak pembagian sembako dan undian berhadiah kepada masyarakat yang telah divaksin salah satu cara meningkatkan capaian vaksinasi.

Berdasarkan data, capaian vaksinasi di sembilan kabupaten/kota di atas 70 persen dari total target, sedangkan capaian di Kabupaten Halmahera Barat masih 69,13 persen.

"Hal ini perlu adanya evaluasi kembali agar bagaimana capaian vaksinasi kita di bulan Juni nanti dosis pertama bisa mencapai 100 persen ,dosis kedua sebesar 70 persen, dan dosis ketiga sebesar 50 persen," ujarnya.

Ia mendorong Polres Ternate mengejar capaian vaksinasi dosis pertama, kedua, dan ketiga dengan sasaran para mahasiswa yang sebagian besar saat ini belum divaksin.

Ia menjelaskan untuk mencapai target tersebut, Kapolres Ternate dapat menindaklanjuti melalui sinergi dengan Wali Kota Ternate maupun pemerintah kota setempat.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Michael Irwan Thamsil mengatakan vaksinasi COVID-19 harus bersama-sama didukung dan disukseskan, sebab vaksinasi untuk memberikan kekebalan komunal dari penularan virus itu.

Ia berharap polres jajaran tetap memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya vaksinasi COVID-19 dalam penanganan pandemi.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022