Kapolda Maluku Irjen Pol Lotaharia Latif mengingatkan personelnya yang melakukan pengamanan di posko koordinasi angkutan Lebaran 1443 Hijriah, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang mudik Lebaran.

"Tertibkanlah pedagang asongan yang akan berjualan di atas kapal dan gunakanlah pengeras suara saat memberikan imbauan," kata Kapolda saat meninjau posko koordinasi angkutan Lebaran 1443 Hijriah di Pelabuhan Yos Sudarso di Ambon, Jumat.

Dalam kesempatan itu Kapolda juga mengecek kesiapaan personelnya yang ditempatkan di area Pelabuhan Yos Sudarso Ambon untuk melakukan pengamanan arus mudik.

"Personel yang berjaga di posko terpadu agar betul betul melaksanakan pengamanan Kedatangan maupun keberangkatan Kapal saat tiba sandar di Pelabuhan Yos Sudarso," ucap Kapolda.

Selain itu perlu melayani masyarakat yang turun maupun yang naik ke atas kapal agar betul-betul merasa nyaman sehingga para pemudik sampai di tempat tujuan dengan selamat.

"Yang lebih terpenting selalu menjaga protokol kesehatan dan gunakan masker saat beraktivitas," tandas Kapolda.

Kasie Humas Polresta Pulau Ambon, Ipda Moyo Utomo mengatakan, Kapolda bersama rombongan didampingi Kapolresta Pulau Ambon dan PP Lease, Raja Arthur Simamora dalam kesempatan itu juga meninjau vaksinasi dan fasilitas Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Personel yang melaksanakan pengamanan pada posko koordinasi angkutan laut Lebaran tahun 2022 terdiri dari anggota Polairud Polda Maluku, Polsek KPYS, KSOP Kelas l Ambon, Basarnas, serta Dishub Provinsi Maluku.

Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan ruang tunggu penumpang dan dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon saat tiba Kapal KM. Nggapulu asal Pelabuhan Banda, Kabupaten Maluku Tengah tujuan Bau Bau, Makassar, Surabaya, dan Tanjung Priok.

Baca juga: Arus mudik jalur udara di Maluku diprediksi meningkat, perketat Prokes
Baca juga: Penumpang di Pelabuhan Nusantara Yos Soedarso Ambon naik 10 persen, begini prakirakannya

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022