Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluku Utara (Malut) mencatat pada H+5 arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah khususnya pengguna jasa transportasi laut berbagai antar-pulau di wilayah Malut dan Sulawesi mencapai 26.449 orang.

Kepala KSOP Kelas II Ternate, Agustinus di Ternate, Minggu, mengatakan, arus balik pada 8 Mei dari pelabuhan Ternate ke berbagai daerah mencapai 26.449 orang dan penumpang datang ke Ternate mencapai 23.962 orang.

Menurut dia, penumpang yang memadati arus balik antar-pulau untuk wilayah Malut sebagian besar berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula dan Taliabu serta Halmahera Selatan.

Untuk itu, dia meinta kepada warga khususnya ke Sanana Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Pulau Taliabu, agar membeli tiket kapal lebih awal dan saat arus balik sebaiknya barang bawaan dibatasi, karena membludaknya arus balik ke daerah masing-masing.

Selain itu, angkutan speedboat untuk tujuan berbagai kabupaten di Pulau Halmahera juga alami peningkatan.

Untuk penumpang arus balik menggunakan speedboat maupun kapal Feri ke Ternate atau sebaliknya berasal Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Utara dan Pulau Morotai.
 
Dirinya juga mewarning para calon penumpang terlihat berebut naik ke atas kapal, tanpa memperhatikan protokol kesehatan, meski begitu para penumpang telah melalui seluruh tahapan dan persyaratan, seperti vaksinasi dosis I, dosis II hingga booster.

Dia menambahkan, khusus aktivitas Pelabuhan Semut Mangga Dua Kota Ternate, untuk penumpang arus balik H+5 lebaran Idul Fitri meningkat jika dibandingkan hari sebelumnya.

Berdasarkan laporan, penumpang pada H+5 hari ini alami peningkatan jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, karena penumpang hingga pukul 18.00 Wit tercatat 1.280 orang.

Baca juga: Arus balik di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon masih normal hingga H+7 Lebaran
Baca juga: Maskapai di Bandara Ternate tambah penerbangan untuk arus balik Lebaran

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022