Atlit asal Kota Ternate, Irwandi Fokatea berhasil mengharumkan nama Maluku Utara (Malut) berhasil menjuarai turnamen Athletics Open Danjen Kopassus Cup melalui cabang atletik nomor 800 meter dan 1.500 meter. 
Atlit asal Kota Ternate, Irwandi Fokatea berhasil mengharumkan nama Maluku Utara (Malut) berhasil menjuarai turnamen Athletics Open Danjen Kopassus Cup melalui cabang atletik nomor spesialisasi adalah 800 meter dan 1.500 meter (Abdul Fatah)
"Target Irwandi saat ini adalah mengukir lebih banyak prestasi di level nasional dan ingin bersaing dengan para atlet terbaik dan mampu menjuarai nomor 800 meter dan 1.500 meter," kata Pelatih Bahrin Omamoy kepada ANTARA, Senin.

Turnamen Athletics Open Danjen Kopassus Cup” yang digelar di Jakarta, 2–5 Juni 2022. Turnamen skala nasional ini melibatkan hampir 2.000 atlet atletik dari berbagai daerah. 

Dia menyatakan, keberhasilan dan kemampuan atlitnya yang disertai semangat dan kemandirian akan mampu mengatasi segala persoalan. 

"Irwandi punya potensi di bidang ini. Ia juga punya pengalaman bertanding di level nasional sebelumnya. Turnamen kali ini dapat menjadi peluang besar bagi Irwandi untuk meningkatkan prestasi dan memperluas pengalamannya," ujar Bahrin.

Dirinya bersyukur seluruh biaya telah ditanggung oleh HARITA Nickel. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik untuk klub, Kota Ternate, Malut dan seluruh pihak yang mendukung.

Menurut dia, atlit 21 tahun itu berhasil menjadi juara 1 pada nomor perlombaan 1.500 meter putra kategori umum, dengan catatan waktu 4:11.68. Tidak hanya itu, ia juga menjadi juara 2 pada nomor 800 meter putra kategori umum, dengan catatan waku 1:55.92.

Tatkala meraih kemenangan tersebut, senyum lebar lahir di wajahnya. Atlet yang meraih juara IV pada Pekan Olahraga Nasional (PON XX) di tahun 2021 lalu ini tak mampu menahan rasa bahagia atas pencapaian barunya. 

Sementara, atlit Malut, Irwandi Fokatea menyatakan, torehan ini sangat penting untuk memupuk rasa percaya diri demi mengejar target-target mendatang. 

Terlebih lagi, banyak momentum yang hilang sejak pandemi COVID-19 merebak dan menghambat berbagai hal, termasuk kegiatan atletik. 

"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung, terutama HARITA Nickel, yang memungkinkan saya ikut pada perlombaan ini. Saya senang dapat ikut serta, terutama setelah pandemi membuat berbagai target saya terhambat. Semoga saya dapat selalu memberi yang terbaik demi orang-orang yang mendukung saya," ujar Irwandi.

Sedangkan, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan, memberi ucapan selamatnya kepada Irwandi atas prestasi yang diraih. 

"Selamat kepada Irwandi Fokatea, atlet asal Maluku Utara yang berhasil menjadi juara 1 pada nomor 1.500 meter putra kategori umum dan juara 2 pada nomor 800 meter putra kategori umum. Irwandi telah membuktikan potensi atlet Maluku Utara. Semoga pencapaian ini menambah semangat Irwandi dalam mencapai hasil yang lebih baik di masa depan," ujarnya.

Danjen Kopassus juga berharap, kegiatan yang digelar dalam rangka HUT ke-70 Kopassus ini dapat melahirkan atlet-atlet unggul yang dapat bersaing di kancah global. 

"Besar harapan kami, melalui event ‘Athletics Open Danjen Kopassus Cup’ ini akan lahir atlet-atlet baru yang berbakat dan dapat diproyeksikan ke event yang lebih tinggi dan lebih bergengsi lainnya, baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional, " ujarnya.

Baca juga: Begini perjuangan Alvin Tehupeiory rebut emas PON Papua untuk Maluku meski didera cedera

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022