Kepolisian Daerah (Polda) Maluku sedang menyiapkan 16.076 jus pala untuk memecahkan rekor MURI minum jus pala terbanyak yang diselenggarakan pada 25 Juni 2022, dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76. 

"Rangkaian kegiatan menjelang HUT Bhayangkara telah disiapkan dan pada 25 Juni 2022 Polda Maluku akan mencetak Rekor MURI yaitu mengangkat kearifan lokal dengan minum jus pala terbanyak sebanyak 16.076 secara hybrid," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif di Ambon, Jumat.

Menurut Kapolda, banyak olahan pala yang jadi warisan leluhur di Maluku, dan buah pala dari daerah tersebut sudah mendunia. Buah ini menjadi salah satu rempah dari Maluku yang sangat terkenal sejak jaman kolonial.

Pemecahan rekor MURI minum jus pala terbanyak, tambah Kapolda, mengusung tema "Pala untuk Indonesia, Pala untuk Dunia."

"Kami berharap dengan mengangkat Pala, maka Maluku akan lebih dikenal dengan olahan pala dan olahan lainnya. Selain itu, dapat menarik pariwisata untuk mensejahterakan masyarakat Maluku," harapnya.

Baca juga: Kodam Pattimura pecahkan rekor MURI makan papeda terbanyak di JMP Ambon

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polda Maluku dan jajaran atas pelaksanaan tugas, di mana kamtibmas dalam situasi kondusif.

"Menjelang HUT Bhayangkara, tahun ini Polda Maluku laksanakan dengan lebih leluasa dan dapat melaksanakan kegiatan di lapangan," katanya.

Sejumlah warga memeras air buah pala saat pembuatan jus Pala di Negeri Morella, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kamis (9/6/2022). . ANTARA FOTO/FB Anggoro/YU

Kapolda berpesan kepada seluruh personel Polda Maluku dan jajaran agar terus menjaga situasi kamtibmas, jaga perilaku dan tindakan dalam pelaksanaan tugas.

"Karena dalam menjelang 1 Juli 2022 (HUT Polri) tindakan Anggota Polri yang buruk akan diviralkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," pintanya.

Personel Polri di Maluku, juga diminta agar dapat menghindari melakukan pelanggaran disiplin, kode etik maupun pidana.

"Jaga kekompakan dan soliditas kita," tegasnya.

Baca juga: Kapolda Maluku beri apresiasi pemecahan rekor MURI makan papeda

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022