Traveller asal Texas, Nick K, yang berkeliling di Indonesia sambil membuat vlog di youtube menyampaikan kesan pertamanya saat pertama kali ke Kota Ambon, Maluku. Namun, bule ini mengungkapkan perasaan sedihnya saat tiba di Ambon karena ada insiden yang membuat hatinya sedih.

Melalui vlog di akun youtube pribadi Nick K yang dirilis pada 3 Juli 2022 tentang perjalanannya ke Ambon, Nick awalnya terlihat antusias saat tiba di Ambon dari perjalanannya melalui Surabaya lalu transit ke Makassar. Perjalanan itu cukup mulus dan mudah, katanya.

Saat tiba di Bandara Pattimura, ia bahkan berkenalan dengan seorang pria yang disebutnya bernama "Abbah" dan banyak mendapat informasi tentang Banda Neira. Nick mengatakan sudah terlanjur memesan kamar hotel di Ambon yakni di RumaRuma Farvet selama enam hari, namun ia memang berencana pergi ke Banda Neira.

Setelah 3 bulan lebih berkeliling di Jawa, Nick memutuskan untuk melanjutkan travelling ke Maluku. Ia memilih Maluku karena tertarik dengan sejarah panjang Maluku tentang masa kolonial dan perdagangan rempahnya. Sejarah kelam tentang pasukan Australia saat Perang Dunia II saat Ambon berada di bawah jajahan Jepang juga menarik perhatiannya.

Baca juga: Kemendikbudristek dukung pelestarian tarian Cakalele di Pulau Banda, khasanah budaya Maluku

Setiba di Bandara Pattimura, Nick K sempat bernegosiasi dengan seorang sopir taksi tentang harga untuk mengantarnya ke RumaRuma Farvet. Setelah melihat harga yang ditawarkan sopir taksi sedikit lebih mahal daripada aplikasi Gojek, ia tetap memilih taksi di Bandara karena selisihnya hanya Rp6.000 perak. Taksi tersebut sebenarnya juga merupakan mobil pribadi yang menawarkan jasa pengantaran untuk pengunjung.

Saat diperjalanan itulah Nick mengalami pengalaman tidak mengenakkan baginya saat pertama menginjak Ambon. Dalam bahasa inggris, Nick mengatakan Indonesia selalu ada momen yang mengujinya. Kali ini, ia mengatakan momen tragis itu karena taksi yang digunakannya menabrak seekor anjing di jalan.

"Ada sebuah mobil yang parkir di pinggir jalan, dan dalam hitungan detik seekor anjing berjalan keluar di jalan. Dan kami melindasnya," kata Nick yang terlihat masih shock saat menceritakan momen itu di vlognya.

Menurut dia, sopir taksi tidak melihatnya dan itu terjadi begitu cepat. "Saya menundukkan kepala dan tidak sanggup melihat ke belakang, saya tahu dari kecepatan kita melaju dan kekuatan yang menghantam kita, anjing itu tidak akan punya kesempatan, dan saya berharap itu segera menghilangkan kesakitannya dengan cepat," kata Nick.

Baca juga: Kunjungi Desa Wisata Pantai Lapasi, Sandiaga Uno bawa gerobak beri mesin kapal bantu UMKM

Nick K adalah seorang "Solo Traveller" yang berpetualang sendirian dengan biaya sendiri dan membuat vlog perjalanannya. Ia sudah memiliki 85 ribu lebih subscribers di akun youtube. Sejak video tentang Ambon dirilisnya pada 3 Juli lalu, sudah ada lebih 350 komentar yang mayoritas ikut bersedih tentang insiden yang dialami Nick di Ambon.

Nick mengaku sedikit terguncang akibat insiden itu. Ia berbagi tentang pengalaman tragisnya itu di vlog pribadinya sambil mengucap turut berduka kepada keluarga yang kehilangan anjingnya pada hari itu. 

"Saya tumbuh dengan anjing sepanjang hidup saya, saya punya sensitivitas terhadap binatang, terutama anjing, jadi ini memukul saya lebih lama dari yang saya harapkan," kata Nick.

Baca juga: Boeing 737-800 Lion Air mulai layani penerbangan Ambon - Langgur, peluang tingkatkan sektor perikanan & pariwisata

Berikut ini vlog Nick K saat pertama datang di Ambon
 

 

Pewarta: FB Anggoro

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022