Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon belum memberikan izin berlayar kapal rakyat karena cuaca buruk dan gelombang tinggi di sejumlah perairan di Maluku.

"Saat ini kapal rakyat antarpulau di Pelabuhan Enrico Kota Ambon belum diizinkan berlayar atau masih ditunda keberangkatannya sampai cuaca membaik," kata petugas Kantor KSOP Kelas I Ambon Roger Lekahena di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan izin berlayar hanya diberikan kepada kapal-kapal besar, seperti kapal Pelni dan kargo di Pelabuhan Yos Sudarso dan sejumlah kapal di Pelabuhan Selamet Riyadi.

Baca juga: KSOP Ambon tunda pelayaran kapal perintis akibat cuaca buruk

Informasi BMKG, tinggi gelombang saat ini mencapai 1,5-2 meter, sehingga belum semua kapal diizinkan berlayar.

Kapal besar, katanya, dapat melayari tinggi gelombang 1,5-2 meter, mengingat cuaca masih ekstrem ditunjang tinggi gelombang, sedangkan kapal ukuran kecil belum diizinkan berlayar.

"Kemarin (19/7) pagi kami berangkatkan kapal cepat Expres Bahari dari Pelabuhan Slamet Riyadi ke Kabupaten Buru. Malam hari rencananya ke Banda, Namrole, dan Ambalau," kata dia.

Baca juga: BPTD: Syahbandar kembali tunda pelayaran antarpulau di Maluku

Selain itu, K.M. Elizabet 2 tujuan Ambon-Ambalau dan Namrole juga diberangkatkan dari Pelabuhan Selamet Riayadi, sedangkan kapal Ambon-Banda yang diizinkan berlayar adalah kapal kargo yang juga telah diberangkatkan pada Senin (18/7).

"Kami mengimbau kapal untuk memperhatikan kondisi cuaca dan memastikan apakah bisa berlayar atau tidak, demi keselamatan bersama," katanya.

Baca juga: KSOP Ternate masih menutup aktivitas pelayaran antarpulau di Malut

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022