Asosiasi Provinsi (Asprov) Maluku Utara (Malut) resmi melayangkan surat edaran ke seluruh Asosiasi Kabupaten/Kota dan seluruh anggota Klub pada kompetisi Liga 3 Piala Soeratin  U-13, U-15 dan U- 17 yang bakal digelar pada September 2022 mendatang di Malut. 

Anggota Exco PSSI Malut Hasby Yusuf dalam keterangan persnya di Ternate, Selasa, mengatakan edaran tersebut guna untuk menindaklanjuti surat edaran PSSI Pusat dan telah disampaikan kepada 16 klub anggota asosiasi di 10 Kabupaten Kota se-Malut untuk melakukan persiapan dan mengikuti kompetisi Amatir serta Usia Muda PSSI pada tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada September 2022 mendatang.

Selain lakukan persiapan, agenda lain yang akan dibahas Asprov PSSI dalam waktu dekat ini yakni melakukan penyegaran wasit dan pembenahan kepengurusan untuk mendukung jalannya kompetisi. 

"Asprov Malut juga akan melakukan Fitnes Test, Penyegaran Wasit untuk mendukung dan menopang pelaksanaan Kompetisi PSSI yakni Liga 3 Piala Soeratin U-13, U-15 dan U-17," kata Hasbi. 

Baca juga: Pelatih PSS harap pemain tampil lepas hadapi RANS

Menurut Hasby, kepada 16 Klub Anggota dan Asosiasi di 10 Kabupaten Kota agar mempersiapkan diri yakni dari mulai tahapan pendaftaran, penginputan pemain hingga kesiapan tim kesebelasan untuk bisa ikut berkompetisi.

"Harapan kami setelah edaran ini disampaikan ke seluruh klub Asosiasi dan Kab/Kota maka diminta kepada seluruh klub untuk mempersiapkan diri dari tahapan pendaftaran penginputan pemain dan kesiapan tim," ujarnya. 

Ia menambahkan, terkait dengan penentuan tuan rumah untuk pelaksanaan Kompetisi PSSI Liga 3 nanti akan diputuskan secara bersamaan dalam rapat Exco. 

"Untuk tuan rumah nanti yang akan bersedia jadi tuan rumah nanti ditunjuk oleh Asprov pada rapat Exco bersama selanjutnya," ucapnya. 

Baca juga: Pelatih Persita syukuri raihan tiga poin penting saat lawan Persik Kediri

Sementara itu, Ketua Umum Asprov PSSI Malut, Drs Edi Langkara menyampaikan, di masa kepengurusannya baru pertama kali Liga 3 Piala Soeratin Cup ini digelar, untuk ia berharap kepada seluruh Askot dan Askab se-Malut untuk proaktif terhadap agenda PSSI ini.  

"Karena disinilah kita akan melihat berbagai persiapan sekaligus daerah-daerah yang memiliki atlet yang kompeten sehingga dapat berkompetisi lebih jauh lagi pada ivent-ivent yang lebih diatas," ungkapnya. 

Di kesempatan itu, ia menambahkan, di tanggal 7 Agustus 2022 nanti Asprov PSSI Malut bersama dengan Korem 152/Babullah bakal melaksanakan pembukaan Liga Santri Piala Kasad PSSI yang diikuti oleh 6 Kodim se- Malut yang dilangsungkan di Stadion Gelora Kieraha Ternate. 

"Harapan saya kepada seluruh Askab, pemain dan masyarakat pecinta bola beri dukungan yang teristimewa agar anak -anak kita bisa tampil bagus karena akan didorong ke tingkat nasional," ujarnya.

Baca juga: Maluku FC luncurkan tiga jersey baru untuk berlaga di Liga 3

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022