Jajaran Kodam XVI/Pattimura menggelar doa bersama lintas agama pada Kamis, sebagai bentuk rasa mensyukuri atas hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2022.

"Doa bersama lintas agama ini sebagai ungkapan syukur jajaran Kodam Pattimura akan bertambah setahun usia bangaa dan negara," kata Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo, di Ambon, Kamis.

Doa lintas agama ini dilaksanakan di berbagai tempat yakni di Masjid Al-Ittihad kawasan Belakang Kota Ambon, untuk personel beragama Islam dipimpin Ustadz Letkol Inf Asep Dedi Muhtadu, sedangkan personel beragama Protestan di Gereja Ignatius Slamet Riyadi dipimpin oleh Pendeta Rudi Rahabeat.

Sedangkan personel beragama Katholik di Gereja Katedral Diosis dipimpin oleh Pastor Paul Kalkoy serta di Pura Sura Yudha Mandala dipimpin oleh Mayor Chb I Wayan Agus untuk personel beragama HIndu.

"Doa lintas agama dengan mengusung tema 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' ini diikuti ratusan prajurit Kodam XVI/Pattimura," katanya.

Baca juga: Kodam Pattimura tuntaskan pelatihan budidaya KJA mahasiswa Unpatti
Personel Kodam XVI/Pattimura mengikuti doa bersama lintas agama, untuk menyukuri HUT ke-77 RI, di Ambon, Kamis (18/8). (HO/Pendam XVI/Pattimura)


Baca juga: Danrem 172/PWY akui prajurit tertembak saat polisi bubarkan massa di Dekai

Doa lintas agama juga bertujuan meningkatkan rasa kebangsaan dan persatuan. "Kami berharap doa bersama lintas agama ini menjadi momentum mengucap syukur dan untuk menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama," kata Kapendam.

Doa lintas agama khusus dilakukan untuk kebangkitan bangsa Indonesia dalam upaya bangkit dari pandemi COVID-19, memantapkan kembali sektor-sektor yang vital negara juga bagi keamanan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Maluku.

Dia menambahkan, selain doa bersama juga telah dilakukan serangkaian kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan tahun ini seperti Apel Kehormatan Renungan Suci hingga Upacara Bendera detik-detik Proklamasi yang dipimpin Gubernur Maluku Murad Ismail.

Baca juga: Kodam Pattimura bantu pengembangan rumput laut di Kepulauan Tanimbar

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022