Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura ikut berperan mengedukasi masyarakat tentang fungsi dan tugasnya menjaga bangsa dan negara melalui pameran alutsista di Kota Ambon.

"Pameran alutsista yang digelar jelang peringatan HUT ke-77 TNI pada 5 Oktober, sekaligus menjadi momentum penting bentuk pertanggungjawaban dari TNI kepada rakyat," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa saat menghadiri pameran alutsista yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Sabtu.

Pameran yang akan berlangsung hingga Minggu (2/10) itu dibuka Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon, Brigjen TNI Said Latuconsina. Pameran tersebut menampilkan puluhan alutsista milik TNI baik dari matra darat, udara maupun laut.

Baca juga: Panglima Kodam XVI/Pattimura nilai revisi syarat taruna untungkan Maluku

Menurut Pangdam, alutsista yang ditampilkan adalah wujud pertanggungjawaban TNI terhadap rakyat Indonesia selaku pembayar pajak. "Negara telah menganggarkan anggaran untuk kepentingan pembangunan TNI, termasuk dalam mempersenjatai TNI dengan alutsista modern," katanya.

Selaras dengan tema HUT ke-77 "TNI Adalah Kita" Pangdam berharap momen ini dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap institusi itu.

"Ibu kandung TNI adalah rakyat, dan kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah kekuatan bagi TNI dalam menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.

Baca juga: Pangdam Pattimura imbau masyarakat Malut sambut kunker Presiden Jokowi

Pangdam menegaskan, pameran itu juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda yang bercita-cita menjadi anggota TNI. Mereka dapat berinteraksi dan bertanya jawab dengan petugas seputar rekrutmen TNI, di samping mengunjungi stan UMKM yang menyajikan hasil dari alam dari program Mutiara Pattimura.

Sedangkan Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen Said Latuconsina mengakui pameran alutsista itu baru dilaksanakan kembali setelah dua tahun tertunda karena pandemi COVID-19.

"Masyarakat bisa melihat dan mempelajari dari dekat peralatan tempur yang digunakan TNI, mulai dari seragam dinas harian, seragam upacara atau kedinasan luar negeri, berbagai jenis senjata hingga kendaraan tempur.

Dia berharap pameran itu dapat berdampak menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki masyarakat kepada TNI.

Baca juga: Pangdam Pattimura: HUT RI momentum wujudkan kecintaan terhadap negara

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022