PT Bank Central Asia (BCA) konsisten untuk mendorong dan mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Ger
PT Bank Central Asia (BCA) konsisten untuk mendorong dan mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas-BBI) di Kota Ternate, Provinsi Malut (Abdul Fatah)
nas-BBI) di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut).

"BCA bangga dapat kembali menjadi bagian dalam Gernas BBI 2022. Gerakan nasional ini sejalan dengan komitmen kami dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya melalui sektor UMKM. Kolaborasi dari kesamaan tujuan dan gerakan ini akan semakin memperkuat BCA dalam mendorong masyarakat untuk semakin mencintai, mengembangkan, dan meningkatkan nilai tambah produk lokal dan bangga dengan buatan Indonesia," kata Executive Vice Presiden BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya dihubungi, Senin.

Pada kesempatan kali ini bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi selaku Campaign Manager, BCA turut berkontribusi pada pelaksanaan program pemerintah bertajuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Maluku Utara.

Kegiatan Harvesting Gernas BBI Maluku Utara dilakukan secara offline yang diselenggarakan Benteng Oranje, Ternate. Executive Vice Presiden BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya bersama Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu, Kepala perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara R. Eko A. Iriyanto, Ni Made Ayu Marthini Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, dan segenap manajemen BCA menghadiri seremoni harvesting Gernas BBI Maluku Utara dan peresmian acara pameran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada Kamis (13/10).

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan Provinsi Maluku menampilkan sejumlah produk asli Maluku Utara sebagai ajang kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang berlangsung hingga Minggu, 16 Oktober 2022.

Menurut dia, BCA turut menyukseskan rangkaian kegiatan Gernas BBI melalui support program pemasaran produk Bangga Buatan Indonesia di Maluku Utara dengan memberikan berbagai promo yang dapat di akses di www.bca.id/gernasbbimalut. Adapun program promo yang diberikan adalah diantaranya promo online cashback hingga 50% untuk setiap pembelanjaan produk UMKM Maluku Utara melalui microsite Blibli.

Promo tiket pesawat serta paket tour dan travel berupa potongan harga Rp 770 ribu untuk tujuan Ternate – Tobelo – Morotai dengan menggunakan Kartu Kredit BCA berlogo BCA Card
Promo offline berupa diskon 50% hingga 100 ribu dengan QRis BCA di BCA mobile/myBCA/Sakuku untuk UMKM di Maluku Utara yang berpartisipasi.

Promo offline di puncak acara Gernas BBI Maluku Utara di Benteng Oranje, Ternate berupa cashback 50% untuk setiap transaksi menggunakan QRIS di BCA mobile/myBCA/Sakuku.

Acara ini digelar dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Maluku Utara 2022 dan mewujudkan target 30 juta UMKM, IKM, Artisan untuk on boarding. Selain itu, juga membantu meningkatan penjualan produk atau jasa dari UMKM Indonesia hingga tahun 2023. 

Dia menambahkan, secara konkret, BCA mendukung UMKM melalui program promosi dan komunikasi, sehingga dapat meningkatkan awareness dan penjualan; membantu proses persiapan UMKM untuk onboarding dalam e-commerce maupun platform penjualan berbasis digital yang memudahkan konsumen mengakses produk UMKM; serta membantu proses pengembangan Bisnis melalui fasilitas kredit bagi yang memenuhi syarat dan infrastruktur pembayaran elektronik (QRIS dan EDC). Pada semester I 2022, BCA mencatat total outstanding penyaluran kredit komersial dan UKM naik 10,9% YoY mencapai Rp197,5 triliun. 

"Kehadiran Gernas BBI Maluku Utara 2022 secara offline menjadi sarana yang baik untuk mendukung membangkitkan perekonomian dan semangat masyarakat Indonesia dalam membangun bisnis UMKM. Semoga Gernas BBI 2022 dapat menjadi sarana untuk kebangkitan produk-produk lokal Indonesia," kata Ketut. 

Baca juga: Pertamina dukung terwujudnya pemberdayaan UMKM melalui Harvesting GBBI di Malut

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022