Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan kerja sama pengembangan produk pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan mitra usaha hotel dan restoran di Kota Ambon.

Penguatan kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan kesepakatan bersama dengan mitra usaha yakni tujuh hotel dan dua restoran, yang dapat memberikan ruang bagi IKM maupun UKM untuk menjual produk.

"Kedepan kita harapkan seluruh pelaku usaha perhotelan di kota Ambon harus menggandeng IKM, sebagai wujud para pelaku usaha tetap eksis dalam pemasaran," Kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena di Ambon, Jumat.

Baca juga: Ternate promosikan produk UKM unggulan di Sail Tidore 2022


Ia menjelaskan kerja sama ini bertujuan agar IKM maupun UKM yang selama ini belum memiliki jejaring maupun akses pemasaran, mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan produknya.

"Tanggung pemerintah untuk memberi ruang dan mendampingi pelaku usaha memperbaiki kualitas produk mereka dan memberikan akses pemasaran produk," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Sore Jhon Slarmanat menyatakan penandatanganan kesepakatan ini akan dilanjutkan dengan pihak hotel dan pelaku usaha, untuk mengatur secara teknis mekanisme penjualan.

"Seluruh proses penjualan pembayaran serta produk apa yang akan ditampilkan di hotel akan diatur, agar terbagi rata produk kerajinan, makanan dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga akan menyiapkan fasilitas untuk mendorong pelaku usaha menyiapkan perizinan, karena IKM tidak bisa mengedarkan produk apabila tidak mempunyai izin edar produk.

"Kami bersyukur sudah cukup banyak pelaku usaha yang melakukan pengurusan perizinan," katanya.


Baca juga: Hotel di Ambon agar gunakan produk IKM lokal

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022