Jajaran Kodam XVI/Pattimira melalui program "mutiara Pattimura" memberikan edukasi kepada puluhan siswa Taman Kanak-Kanak RA Almeera Islamic School Ambon tentang cara berkebun dan manfaat sayur-sayuran bagi kesehatan.

Edukasi diberikan petugas pengelola kebun "mutiara Pattimura" Kopda Sugiarto saat puluhan siswa TK itu mengunjungi kebun yang terletak di Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kamis.

Puluhan siswa yang didampingi Kepala Sekolah Yuli Tuasikal serta sejumlah guru Almeera Islamic School diperkenalkan tentang berbagai jenis sayuran yang ditanam di kebun milik Kodam itu serta manfaatnya bagi kesehatan.

Baca juga: Pangdam Pattimura ajak forkopimda dan tokoh agama bahas pencegahan konflik di Maluku

"Berkebun adalah sarana sangat baik untuk mengasah kepekaan dan kecintaan anak terhadap lingkungan hidup, karena anak akan mengamati secara langsung cara kerja alam," ujar Kopda Sugiarto.

Menurutnya, menanam benih dan melihat benih tumbuh adalah salah satu hal yang memberikan manfaat besar bagi kehidupan anak-anak, terutama jika yang ditanam adalah tumbuhan yang bisa di makan, selain lebih sehat juga akan memberikan kepuasan tersendiri dan pada saatnya anak-anak akan belajar mencintai tanaman mereka dan menghargai kehidupan dan lingkungan sekitar.

Sedangkan penyuluh pertanian Kelompok Kebun Muttiara Pattimura Rasyanto, menyambut gembira kedatangan sahabat cilik TK Almeera Islamic School Ambon. 

Dia berharap melalui edukasi dapat meningkatkan kecintaan terhadap budidaya tanaman, dan hal itu sesuai dengan program pemerintah yaitu Merdeka Belajar, menumbuhkan jiwa wirausaha anak melalui bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.
Prajurit Kodam XVI/Pattimura memberikan edukasi berkebun kepada puluhan siswa TK RA Almeera Islamic School Ambon saat mengunjungi kebun Mutiara Pattimura di Desa Rumah Tiga, Kota Ambon, Kamis (8/12). (HO/Pendam XVI/Pattimura)

Dia menambahkan, kebun muttiara pattimura merupakan prototipe dari kegiatan kerja sama Kodam XVI/Pattimura dengan Dinas Pertanian dan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon untuk pengembangan tanaman sayuran dan hortikultura diantaranya kacang panjang, pare, tomat, cabe dan terong pada lahan seluas dua hektare.

"Ini dilakukan juga untuk mendukung program Pemerintah yaitu Kedaulatan Pangan," katanya.

Kepala Sekolah RA Almeera Islamic School Ambon Yuli Tuasikal menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kodam Pattimura terutama pengelola kebun karena mengijinkan kunjungan para siswa sekaligus memberikan edukasi kepada mereka tentang cara berkebun serta jenis sayuran dan manfaatnya.

Dia berharap dengan pengenalan dan pengalaman itu dapat bermanfaat saat para siswa berinteraksi langsung dengan alam dan ekosistemnya, selain membantu pengembangan intelektual anak dan kemandiriannya, juga meningkatkan hubungan sosial, membantu anak lebih percaya diri. "Kedepannya kami dapat diterima lagi bersama anak didik kami untuk memberikan edukasi kepada mereka,"ujarnya.

Sedangkan Pamen Ahli Bidang Sishanneg Sahli Pangdam XVI/Pattimura, Kolonel Czi Ahmad Yusa selaku koordinator kebun Mutiara Pattimura secara terpisah mengapresiasi kunjungan siswa TK RA Almeera Islamic School Ambon, dan berharap hal itu menjadi pengalaman pengalaman berharga bagi tumbuh kembang anak-anak.

Baca juga: Kodam Pattimura gelar doa lintas agama peringati Hari Pahlawan, begini penjelasannya
 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022