Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Natuna memastikan tiga orang nelayan asal Anambas korban kapal tenggelam di Laut Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau berhasil diselamatkan.

"Informasi kita dapatkan pada Minggu (11/12) malam, satu unit pompong yang membawa tiga orang nelayan tenggelam di Perairan Pulau Pejalin, Kepulauan Anambas," kata Kepala Basarnas Natuna Mexianus Bekabel, Senin.

Ia mengatakan tenggelamnya pompong nelayan tersebut akibat cuaca buruk yang melanda di daerah itu, dimana gelombang pada saat itu mencapai 2, 5 meter dengan kecepatan angin 15 knot yang disertai hujan ringan.

Baca juga: Tim Basarnas dikerahkan cari nelayan hilang di Pulau Obi Malut

Menurutnya, ketiga nelayan berhasil diselamatkan oleh pompong nelayan yang melintas didaerah itu dan langsung dievakuasi ke daratan terdekat.

"Saat dievakuasi korban mengalami syok ringan, namun saat ini telah di Puskesmas Pulau Tobong Anambas untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut," ujarnya.

Karena itu, Ia mengimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di laut untuk selalu waspada dan memeriksa kendaraan serta perlengkapan keselamatan mengantisipasi kecelakaan.

"Kita juga mengimbau kepada seluruh nelayan untuk lebih berhati-hati dalam melaut dan selalu melengkapi diri dengan alat keselamatan maupun radio komunikasi mengingat kita sudah berada di musim utara dan kondisi cuaca yang cepat berubah-ubah," katanya mengingatkan.


 

Baca juga: Polisi evakuasi jasad nelayan lansia tewas tenggelam di Ambon

Pewarta: Cherman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022