Kodam XVI/Pattimura mengirimkan bantuan kemanusiaan sebagai bentuk empati dan kepedulian terhadap para korban gempa bumi yang melanda di Cianjur, Jawa Barat.

"Bantuan kemanusiaan ini merupakan sumbangan keluarga besar Kodam XVI/Pattimura dan penyalurannya dibantu personel Korem 061/Surya Kencana, Kodam III/Siliwangi," kata Aslog Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki, dalam keterangan diterima di Ambon, Rabu.

Aslog Dadang Ismail mengaku dirinya didampingi Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf. Hasandi Lubis, langsung menyerahkan berbagai bantuan itu di lapangan Prawitasari Cianjur, pada Selasa (13/12).

Bantuan kemanusiaan yang diserahkan diantaranya makanan siap saji, obat-obatan selimut, pakaian, serta keperluan lainnya yang dapat digunakan para pengungsi.

Baca juga: Polda Maluku salurkan bantuan Rp100 juta untuk korban gempa Cianjur, patut diapresiasi


Menurutnya, bantuan obat-obatan sudah disalurkan lebih dahulu karena berdasarkan keterangan banyak pengungsi yang mulai terserang penyakit seperti diare, flu dan batuk.

"Kami mengirimkan bantuan kemanusiaan mewakili rekan-rekan prajurit yang berdinas di Kodam XVI/Pattimura bagi saudara-saudara kami yang tertimpa musibah gempa bumi di Cianjur. Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana," ujar Dadang.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Korem 061/Surya Kencana, Kodam III/Siliwangi yang telah membantu proses pendistribusian bantuan hingga ke para pengungsi.

Baca juga: Pemprov Malut harapkan dukungan untuk korban gempa di Cianjur


Sedangkan Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo menyatakan, bantuan logistik kepada korban bencana alam yang dikirimkan tersebut sebagai bentuk ungkapan simpati dan empati jajaran Kodam Pattimura bagi korban bencana gempa bumi di Cianjur.

Bantuan tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat terutama meringankan beban para korban selama kondisi di lokasi bencana belum sepenuhnya pulih.

"Walaupun penyerahan bantuan sempat mengalami kendala pengiriman karena cuaca hujan terus-menerus, tetapi saat ini bantuannya telah diterima oleh para pengungsi. Harapannya bantuan tersebut mampu memberikan manfaat dan semoga situasi dan kondisi pasca gempa lekas pulih," ujarnya.


Baca juga: Mensos siapkan tenda istirahat bagi ribuan korban gempa Cianjur

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022