PT Pertamina Marketing Operational Regional (MOR) VIII menggelar kompetisi penyelamatan dan keselamatan kerja dalam mengisi peringatan Bulan K3 Nasional (BK3N)  2023.

Regional Manager HSSE PT Pertamina  MOR VIII, Ivan Havosan menyatakan, kompetisi dilaksanakan sebagai bentuk persiapan diri menghadapi risiko yang muncul dari setiap kegiatan operasional perusahaan.

"Kita mempunyai tangki BBM yang sangat besar jika terjadi kebakaran atau ledakan dibutuhkan keahlian khusus, seperti yang kita lombakan hari ini dalam rangka bulan K3 tahun 2023," katanya, di Ambon, Selasa.

Kategori yang dilombakan diantaranya penyelamatan di ruang terbatas, pemasangan crane dan perancah (scaffolding), dan upaya penyelamatan pertama saat kecelakaan kerja.

"Pekerjaan yang dilakukan tidak terlepas dari resiko yang tinggi, sehingga dituntut untuk selalu siaga dan siap dalam menanggulangi keadaan darurat, " katanya.

Pertamina berkomitmen Zero Fatality yaitu jangan sampai ada orang kecelakaan saat bekerja, komitmen tersebut diserukan agar seluruh insan Pertamina, guna meningkatkan kesadaran kerja aman.

Selain itu kegiatan yang dilakukan sebagai ajang silaturahmi pasca pandemi COVID-19, sekaligus meningkatkan kompetensi kerja dan memberikan semangat untuk bekerja.

Manager TBBM Wayame Ambon Moris Wungubelen menyatakan, kegiatan kompetisi penyelamatan dan keselamatan kerja dilaksanakan 7-9 Februari 2023 dipusatkan di TBBM Wayame, diikuti peserta dari 20 lokasi depot di wilayah Maluku dan Papua.

Kompetisi ini bertujuan untuk melatih ketangkasan secara individual dalam menghadapi keadaan darurat saat bekerja dalam kaitan bulan K3.

"Hal itu merupakan pengalaman baru baik lokasi Wayame maupun lokasi lain agar dapat dipetik hal baru yang dapat menjadi bekal untuk kembali bekerja di lokasi masing-masing," katanya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023