Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan PT Pelindo Ambon melakukan penandatangan  kerja sama pemanfaatan lahan penumpukan peti kemas tahun 2023.

Penandatanganan kerjasama dilakukan  oleh kepala terminal peti kemas Ambon, Rouland P. Kuswara, dan Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, di Surabaya.

Kepala dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette di Ambon, Jumat  menyatakan, kerja sama antara Pemkot dan PT Pelindo telah dilakukan sejak 2018, dan setiap tahun diperpanjang.

"Container yard dari PT  Pelindo dibangun di lahan milik Pemkot Ambon yakni bekas  Pasar Nusaniwe seluas 5.003 meter persegi sejak tahun 2018, sehingga setiap tahun PKS diperpanjang," katanya.

Selain penandatanganan kerja sama, juga dibicarakan terkait perkerasan struktur lahan peti kemas yang perlu di naikkan agar dapat menampung peti kemas berisi, karena struktur  lahan hanya mampu menampung peti kemas yang kosong.

"Karena itu akan dilakukan pembicaraan lanjutan untuk menaikkan nilai struktur  tampung peti kemas berisi, dengan tujuan meningkatkan nilai pendapatan," katanya.

Pemkot katanya, menawarkan proses pekerjaan  dilakukan  PT  Pelindo dengan sistem bagi hasil 50 persen Pemkot dan 50 persen Pelindo, setelah sewa lahan peti kemas beroperasi.

Dengan sistem bagi hasil tersebut, ke depan ketika nilai investasi pekerjaan perkerasan struktur peti kemas dari Pelindo telah terpenuhi, maka hasil sewa dikembalikan kepada Pemkot. 

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023