Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang dijadwalkan berlangsung di Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku pada 19-23 Maret 2023, ditunda pelaksanaannya menjadi  13 - 18 Mei 2023.

"Hasil pertemuan kami dengan pengurus DPP GAMKI di Jakarta, dilakukan konsolidasi internal sehingga DPP dalam kerja kerja konsolidasi harus melakukan beberapa persiapan teknis maupun non teknis,  hal ini berpengaruh bagi kesiapan tim di Maluku, sehingga pelaksanaan kongres mengalami penundaan diagendakan 13-18 Mei 2023," kata Ketua DPD GAMKI Maluku, Heppy Lelapary, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, penundaan kegiatan kongres sejalan dengan arahan DPP GAMKI yakni menyesuaikan jadwal para narasumber yang berasal dari kalangan Kementerian terkait dengan isu pembangunan di Maluku dan isu nasional yg akan dibahas di kongres.

Yang terutama melakukan penyesuaian dengan jadwal kehadiran bapak Presiden Joko Widodo untuk membuka kongres GAMKI di Kota Ambon.

"Masalah teknis dan non teknis di DPP sendiri sehingga terjadi mengalami penundaan, kami  berharap penundaan ini tidak lagi nanti mempengaruhi jadwal yang telah dibuat," katanya.

Heppy menyatakan, surat resmi dari DPP terkiat penundaan kongres telah disampaikan panitia ke berbagai pihak seperti Pemerintah Provinsi Maluku, DPRD Provinsi, Pemerintah Kota Ambon, DPRD, juga Polda dan Kodam XVI Pattimura.

Selain itu pimpinan sinode GPM yang mendukung pelaksanaan kongres dan  jemaat dari empat akan berpartisipasi untuk mendukung pelaksanaan kongres.

Atas nama pimpinan DPD GAMKI Maluku, menyampaikan permintaan maaf bagi masyarakat Ambon, umat Kristiani, pimpinan daerah provinsi dan kota yang sudah bersedia mendukung jalannya kongres.

"Kami berharap semangat dukungan ini masih tetap ada pada masyarakat kita umat Kristiani kemudian pimpinan daerah untuk tetap ada menyukseskan momentum penting ini di Kota Ambon," ujarnya.

Ketua panitia Kongres XII GAMKI, Lucky Wattimury menyatakan, seluruh persiapan panitia terkait konsolidasi acara, konsumsi dan akomodasi dilakukan komunikasi ulang ke pihak-pihak yang terkait.

"Seluruh persiapan telah dilakukan tetapi karena dilakukan penundaan maka panitia akan melakukan komunikasi dengan berbagai pihak yang mendukung, " katanya.

Pihaknya berharap dengan penundaan kegiatan, akan lebih maksimal untuk mempersiapkan segala sesuatu sehingga Ambon dan Maluku tetap mendapat kesan luar biasa dan kesan baik melengkapi lembaran sejarah ,.menjadi tuan rumah terbaik sepanjang sejarah momentum nasional digelar di Ambon .
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023