Warga Muslim di tiga negeri di wilayah Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, mulai puasa Ramadhan pada Rabu, tanggal 22 Maret 2023.

Warga Negeri Kaitetu, Negeri Seith, dan Negeri Lima di Kecamatan Leihitu sudah melaksanakan shalat tarawih pada Selasa malam dan akan mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan besok.

Raja Negeri Kaitetu M. Armin Lumaela mengatakan bahwa penetapan awal Ramadhan 1444 Hijriah di wilayahnya dilakukan menggunakan metode hisab rukyat.

Menurut dia, penghulu masjid dan tokoh agama di wilayahnya mengamati penampakan bulan sabit di ufuk barat dan menggunakan kalender falakiah kuno sebagai patokan dalam menetapkan awal Ramadhan.

Baca juga: Jelang Ramadhan, warga Ambon berziarah ke makam anggota keluarga

"Kalender kuno itu sampai sekarang masih tersimpan di rumah raja," kata dia, menambahkan, metode penetapan awal Ramadhan tersebut diterapkan secara turun temurun oleh leluhur warga negeri.

Sementara itu, Raja Negeri Seith Rivi Ramli Nukuhehe mengatakan bahwa penghulu Masjid Kota Husen Seith telah mengumumkan tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023.

"Pengumuman itu disampaikan usai shalat Jumat terakhir di bulan Syaban, dan malam ini kami di Seith mulai tarawih untuk besok berpuasa," katanya.

Di Leihitu, ia menuturkan, warga Negeri Wakal biasanya memulai puasa Ramadhan lebih awal kemudian disusul oleh warga Kaitetu, Seith, dan Lima sehari setelahnya.

Tahun ini, warga Negeri Wakal memulai puasa Ramadhan pada Selasa dan tiga negeri lainnya menyusul besok.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Masjid Raya Alfatah hadirkan Buya Arrazy Hasyim

"Pada umumnya penentuan tanggal 1 Ramadhan di negeri-negeri di Kecamatan Leihitu ini berdasarkan perhitungan hisab atau mengamati bulan sabit," kata Rivi.

Negeri-negeri lain di wilayah Kecamatan Leihitu seperti Hila, Hitu, dan Mamala akan melaksanakan puasa Ramadhan 1444 Hijriah pada Kamis, 23 Maret 2023.

Di tingkat nasional, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah bertepatan dengan tanggal 23 Maret 2023.

Sedangkan Kementerian Agama akan melaksanakan sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Ramadhan 1444 Hijriah pada Rabu, 22 Maret 2023.

Baca juga: Warga Negeri Wakal Maluku mulai berpuasa Ramadhan 21 Maret

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023