Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan ketersediaan guru dan fasilitas pendidikan masih menjadi masalah di Kota Ambon.

Kondisi pendidikan di Ambon masih dihadapkan dengan beberapa persoalan. diantaranya ketersediaan guru pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, selain itu fasilitas pendidikan dalam bentuk perangkat lunak untuk media belajar guna mendukung proses belajar, dan peningkatan literasi, katanya di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, infrastrukturnya pendidikan bukan cuman gedung tetapi sarana prasarana dalam hal menyiapkan perangkat lunak sebagai media belajar, guna mendukung proses belajar mengajar juga peningkatan literasi dan numerasi.

Literasi penting karena, menjadi satu syarat utama untuk siswa cerdas, karena itu literasi akan terus kembangkan di kota Ambon.

Pemkot katanya saat ini kekurangan guru karena setiap tahun ada yang masuk masa pensiun, sehingga terbatas dalam jumlah guru di sekolah.

"Salah satu solusi adalah dengan pengadaan guru baru melalui formasi PPPK, kita juga terus mengusulkan ke Kementerian pendidikan, meminta guru sesuai dengan kebutuhan sesuai bidang studi dan sebagainya," ujarnya.

Ia menambahkan ,pihaknya terus mengupayakan untuk peningkatan kualitas pendidikan di kota Ambon, agar pendidikan semakin maju.

Upaya peningkatan pemenuhan kebutuhan satuan pendidikan, bertujuan agar implementasi kurikulum Merdeka Belajar ini dapat berjalan dengan baik.

"Kita tentu berharap momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 ini akan memberikan dampak dalam bentuk semangat peningkatan kualitas pendidikan," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023