Program studi Hubungan Internasional Universitas Bosowa (UNIBOS) Makassar dan Ambon Music Office (AMO) melakukan penandatanganan kerja sama diplomasi budaya.

Penandatangan kerja sama dilakukan direktur AMO Ronny Loppies dan Kepala Program Studi Hubungan Internasional Universitas Bosowa, Muh Asy’Ari, secara virtual, Rabu.

Direktur AMO Ronny Loppies menyatakan, melalui penandatanganan kerja sama itu diharapkan Prodi HI dan AMO bisa membangun jejaring yang kuat.

Baca juga: AMO siapkan pertanggungjawaban kota musik dunia ke UNESCO

Hal ini merupakan terobosan yang baik dan peluang besar karena sebelumnya AMO telah terkoneksi dengan UNESCO, kerja sama ini penting bagi Prodi HI untuk membangun jejaring yang kuat dengan pikiran yang sama untuk membangun Indonesia dari segi kreatifitas yang berbeda.

"Mereka tertarik belajar diplomasi dari AMO, karena dianggap berhasil melakukan diplomasi ke tingkat Internasional dan sampai sekarang aktif di internasional membicarakan Ambon City of music," katanya.

Sementara itu, Kaprodi HI, Asy’Ari, mengatakan bahwa dengan adanya kerja sama ini, semakin memperkuat upaya prodi untuk mengembangkan kurikulum yang telah disiapkan dan diharapkan dapat berkontribusi terhadap pembangunan di berbagai sektor yang berbasis kebudayaan dan aktivitas kreatif, terutama di Indonesia Timur.

Baca juga: AMO paparkan capaian kota musik dunia sebagai anggota UCCN

Kerja sama tersebut katanya, bertujuan untuk saling memanfaatkan dan mengoptimalkan kemampuan masing-masing lembaga untuk melaksanakan, mengemban, dan meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ruang lingkup kerja sama tidak terbatas pada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti, kolaborasi riset dan kegiatan akademik, seperti seminar, workshop dan publikasi.

Selain itu kolaborasi pengabdian kepada masyarakat, dan kolaborasi yang berkaitan dengan pengajaran dan diseminasi pengetahuan terkait kebudayaan dan masyarakat global.

Selain melakukan MOU dilakukan kuliah umum dengan materi pola pikir tentang diplomasi untuk program studi HI UNIBOS.


Baca juga: AMO paparkan program "Sound of Green" pada seminar UCCN di Thailand

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023