Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan rangkaian pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, telah selesai dijalankan dengan aman dan lancar.

"Saya selaku penanggung jawab keamanan KTT Ke-42 ASEAN mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran karena dengan sinergi semua komponen dapat menyukseskan acara ini dengan aman dan lancar," kata Panglima TNI Yudo Margono di Bandara Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat.

Rangkaian KTT Ke-42 ASEAN telah terlaksana sejak tanggal 8 Mei sampai 11 Mei 2023. Kegiatan dimulai dari kedatangan para delegasi, kedatangan para kepala negara, pertemuan bilateral, pelayaran kepala negara menikmati sunset, makan malam, puncak KTT, hingga kepulangan kepala negara, dan delegasi.

Baca juga: Panglima TNI: Warga ikut dukung keamanan selama ASEAN Summit

Menurut dia, acara itu dinyatakan sukses dan aman karena tidak ada ancaman baik dari luar maupun dalam serta tidak ada hambatan dan rintangan selama proses pengamanan KTT Ke-42 ASEAN tersebut.

Yudo memberikan apresiasi kepada 12 ribu personel TNI dan Polri yang telah menjalankan tugas pengamanan dengan baik.

Dia menyampaikan terima kasih kepada BSSN, BIN, Basarnas, BNPT, BMKG, Pemerintah Provinsi NTT, dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Secara khusus Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat yang telah mendukung mengamankan kegiatan internasional itu.

Baca juga: Panglima TNI perintahkan personel tanggung jawab saat ASEAN Summit

Dia menyebut ada partisipasi yang baik dari masyarakat untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

"Termasuk, seluruh media yang selama ini bersabar meliput acara dan mendukung kita memberikan pencerahan kepada masyarakat dan perkembangan KTT ini ke seluruh bangsa," katanya.

Ia mengatakan para prajurit akan kembali ke tempat tugas masing-masing secara bertahap, baik yang menggunakan pesawat maupun kapal laut.

Panglima telah bertolak kembali ke Jakarta melalui Bandara Komodo Labuan Bajo pada pukul 09.30 WITA.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Panglima TNI: KTT Ke-42 ASEAN berjalan aman dan lancar

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023