Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Maluku Utara (Malut) wujudkan kolaborasi penguatan literasi dan kearsipan, karena pengelolaan secara kolaborasi dapat meningkatkan budaya literasi dan  tertib arsip di lingkungan Disarpus Malut. 

"Selain itu, dengan pendekatan literasi berbasis inklusi sosial dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Disarpus Malut Muliadi Tutupoho dihubungi, Selasa.

Menurutnya, para pemateri dari pusat yang dihadirkan ini sangat kompeten, sehingga rakorda menjadi pintu masuk dan dapat memberikan masukan terkait dengan apa yang harus dilakukan agar terjadi peningkatan dalam pengelolaan Disarpus.

"Kita di provinsi mempunyai target percepatan akreditasi, dimana setiap tahun harus ada perpustakaan sekolah yang terakreditasi, dan ini sudah kita lakukan, sehingga mendapat penghargaan dari Perpusnas," kata Muliadi.

Selain itu, Muliadi juga menyampaikan langkah inovatif perlu dilakukan sehingga Disarpus dapat lebih berkembang lagi. Diketahui dalam kepemimpinan Muliadi, telah melakukan sejumlah gebrakan yakni Pembangunan Depo Arsip yang akan selesai pada tahun ini, serta festival literasi yang cukup mendapat perhatian publik Maluku Utara.

Rakorda Disarpus se Provinsi Maluku Utara, digelar di Tobelo, Halmahera Utara, mulai Senin hingga Rabu.

Sebelumnya, Disarpus menggelar Rakorda mengangkat tema Kolaborasi Penguatan Literasi  dan Kearsipan untuk Mewujudkan Budaya Literasi dan Tertib Arsip’, dibuka Bupati Halmahera Utara, Frans Maneri dan dihadiri Kepala Disarpus Malut, Muliadi Tutupoho, Perwakilan Perpustakaan Nasional, yakni Direktur Standarisasi dan Akreditasi, Supriyanto dan Deni Kurniadi selaku Pustakawan Ahli utama serta dari Arsip Nasional RI, Riri Sosilowati dan perwakilan pejabat Disarpus kabupaten/kota.

Sementara itu, Bupati Halmahera Utara Frans Maneri menyatakan, literasi dan arsip sangat penting dan berdampak besar bagi kehidupan manusia, karena dengan itu dapat menuntun ke jalan pencerahan yang lebih baik, sehingga dia bersyukur telah memiliki perpustakaan yang cukup baik yang sudah dibangun melalui Dana Alokasi Khusus.

"Pembangunan gedung perpustakaan ini akan kita resmikan pada  30 Mei mendatang bertepatan dengan ulang tahun kabupaten, sekali lagi saya ucapkan terima kasih," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023