Ambon (Antara Maluku) - Pesawat Cassa yang dioperasikan PT.Nusantara Buana Air (NBA) kembali melayani rute ke Maluku, setelah sempat dihentikan sementara oleh Kementerian Perhubungan menyusul kasus jatuhnya pesawat maskapai itu di kaki pegunungan Bahorok, Langkat, Sumatera Utara pada 29 September 2011.

Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku, John Rante, di Ambon, Senin, mengatakan, pesawat NBA berkapasitas 20 tempat duduk (seat) kembali beroperasi pada 16 November 2011 setelah sempat berhenti beroperasi di Maluku pada 1 Oktober 2011.

"Jadi sejak 16 November 2011 pesawat NBA kembali menerbangi Maluku dengan melayani penumpang Ambon - Namrole (Buru Selatan) pada Rabu siang," ujar John.

Jadwal penerbangan pagi biasanya Ambon - Banda - Amahai (Maluku Tengah).

Dia memastikan pesawat NBA kembali menerbangi rute - rute penerbangan perintis sebagaimana sebelum dihentikan Kementerian Perhubungan dalam rangka audit.

"Pesawat NBA menerbangi gugus Banda, sedangkan Kisar, Maluku Barat Daya dilayani pesawat Cassa 212 milik PT.Merpati Nusantara Airlines(MNA)," kata John.

Maspakai penerbangan tersebut sesuai jadwal setiap Kamis menerbangi Ambon  - Namlea (Buru) - Namrole (Bur Selatan) dan Ambon - Wahai (Maluku Tengah), sedangkan Jumat menerbangi Ambon - Banda.

Dia mengatakan Sabtu hingga Selasa pesawat NBA menerbangi provinsi Maluku Utaru.

Rutenya pada Sabtu adalah Ambon - Sanana - Labuha - Ternate. Pada Selasa terbang dari Ternate - Labuha - Sanana Ambon.

Dia mengakui pengoperasian pesawat PT.NBA dan PT.MNA yakni Cassa 212 itu karena sesuai dengan panjang landasan pacu yakni 900 meter di setiap bandara yang diterbangi.

"Penerbangan perintis tersebut untuk sementara dirasakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap jasa perhubungan udara yang disubsidi Kementerian Perhubungan," kata John Rante.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011