Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol Petrus R. Golose meminta dukungan perangkat Kesultanan Ternate dan masyarakat Maluku Utara (Malut) membantu BNN dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

"Kami harapkan ada dukungan dari Kesultanan Ternate, karena daerah ini masih banyak penyalahgunaan narkoba, meskipun prevelensi pengguna narkoba di sini tidak sebanyak dengan daerah lainnya di Indonesia," kata Komjen Pol Petrus R. Golose saat melakukan kunjungan kerjanya di Kota Ternate, Selasa.

Komjen Pol Petrus mengajak Kesultanan Ternate dan masyarakat Malut harus menjaga daerah ini agar terbebas dari narkoba, sehingga dengan adanya gelar adat yang diberikan Kesultanan Ternate terhadap dirinya, sehingga masyarakat Malut menjadi lebih baik dan menyiapkan generasi Indonesia di Malut untuk menjadi pemimpin masa depan tanpa narkotika.

Dia mengatakan komitmennya dalam berdayakan masyarakat Malut, saat ini, BNN Malut 95 persen merupakan warga asli Malut, sehingga masyarakat terus diberdayakan dalam membantu memberantas narkoba.

Sementara itu, Kepala BNNP Malut Irjen Pol Dr.Agus Rohmat mengakui hingga kini belum memiliki fasilitas berupa rehabilitasi dan rawat inap bagi pecandu dan penyalahguna narkoba yang akan mendapatkan penanganan secara baik.

"Untuk penanganan para pecandu narkoba di Malut, saat ini BNNP akan melakukan kerja sama dengan instansi terkait, guna penyediaan ruang rehabilitasi bagi pecandu narkoba," katanya.

Hal tersebut dilakukan BNNP Malut, karena institusi yang fokus penanganan narkoba itu, telah melakukan pelatihan bagi petugas rehabilitasi bagi pecandu narkoba melalui kegiatan peningkatan kompetensi petugas rehabilitasi dengan pelatihan ketrampilan konseling dasar dan intervensi krisis (UTC 4 dan 7).

Bahkan, pelatihan ini untuk melakukan pendampingan bagi pecandu narkoba yang menjalani rehabilitasi, sebab, akibat narkoba, mengakibatkan kerugian sosial ekonomi dan jiwa penggunaan narkoba.

Menurut dia, kegiatan ini tujuannya memberikan proses belajar dan kemampuan konseling dasar dalam memberikan layanan di berbagai tatanan terapi baik rawat jalan maupun rawat inap.

Sedangkan, Sultan Ternate Hidayatullah Sjah menyatakan komitmennya jika Kesultanan Ternate bersama masyarakat adat sudah harus bersama-sama memberantas peredaran narkoba di wilayah Malut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023