Timika (Antara Maluku) - Menyambut hari Natal dan Tahun Baru, jajaran Kepolisian Daerah Papua menggelar operasi yang diberi nama "Operasi Aman Matoa 2011".

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigjen Polisi Drs Paulus Waterpauw kepada ANTARA di Timika, Selasa, mengatakan, operasi tersebut dalam rangka menciptakan rasa aman dan memberikan keamanan bagi warga yang hendak merayakan Natal dan perayaan pergantian tahun.

Kegiatan operasi yang dimulai pekan lalu itu melibatkan dua pertiga dari kekuatan Polda Papua dan Polres-polres di wilayah itu.

Fokus utama dilakukan Operasi Aman Matoa 2011 terutama memberikan pengamanan di pelabuhan, bandara, terminal yang menjadi tempat arus keluar masuknya orang dan barang.

Menyambut hari Natal 25 Desember 2011 dan Tahun Baru 2012, Brigjen Paulus Waterpauw mengimbau masyarakat Papua masing-masing menjaga diri dan lingkungan mereka serta menghindari diri dari konsumsi minuman beralkohol.

"Mari kita menghadapi Natal dengan rasa sukacita, hendaknya warga menghindari diri dari hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain," imbau Brigjen Paulus Waterpauw.

Demi menjaga suasana yang kondusif menjelang Natal dan Tahun Baru, Waterpauw mengharapkan agar operasional tempat-tempat hiburan dibatasi maksimal hingga pukul 24.00 WIT.

Pembatasan jam buka tempat-tempat hiburan tersebut, katanya, akan dikoordinasikan dengan Pemkab setempat.

Brigjen Paulus Waterpauw juga menginstruksikan Polres-polres di wilayah Polda Papua agar melakukan operasi penertiban penjualan petasan, minuman keras karena bunyi petasan sangat mengganggu ketenangan warga yang hendak menggelar ibadah Natal.

Ia menambahkan, situasi kamtibmas di seluruh wilayah Polda Papua saat ini cukup kondusif.

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011