Penyapu jalan layak dijuluki sang pahlawan kebersihan karena memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan keindahan kendati selama ini perannya kerap terlupakan.

Pada petugas kebersihan sudah harus beraktivitas dari subuh hari pukul 06.00 WIT hingga sore hari pukul 15.45 WIT demi menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam menjaga kebersihan

Salah seorang petugas kebersihan bernama Wa Luri sudah 4 tahun lamanya bertugas pada lingkungan instansi kampus Universitas Pattimura (Unpatti) bersiap dari subuh hari agar bisa menuju ke tempat kerjanya agar sampai tepat waktu dari rumahnya  di Telaga Pange Kecamatan Teluk Ambon yang akses kendaraan seperti angkot masih pasif beroperasi.

Wa luri harus bekerja dari pukul 06.15  di pagi hari dan memastikan pukul 07.15 tempat atau daerah bagiannya sudah harus bersih dan indah, dan memulai membersihkan kembali di sore hari dari pukul 13.15 sampai 15.45 dengan upah per bulannya Rp1.900.000

Gaji yang di dapatkan awalnya dari kontraktor yang  bekerja sama dengan kampus Universitas Pattimura (Unpatti) namun sejak adanya corona sampai sekarang pihak kampus yang membayar upah mereka dengan jumlah karyawan 62 orang.

Pekerjaan ini dia harus mengambilnya karena untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan membiayai ketiga anaknya yang masih di bangku sekolah dan perguruan tinggi dan Alhamdulillah Wa luri sukses membawa anak pertamanya meraih gelar sarjana.

Selain petugas kebersihan dan ibu rumah tangga ia harus berprofesi sebagai petani di sore hari sepulang dari pekerjaannya, dan berjualan bakso di malam harinya.

Tak jarang Wa luri dan rekan kerjanya sering mendapatkan hal-hal tidak mengenakan seperti gangguan dari orang gangguan jiwa, hujan yang terus menerus serta masyarakat kampus yang cuek terhadap kebersihan.

Fuddin seorang petugas kebersihan lainnya mengaku menikmati pekerjaannya  kendati kadang ada kehadiran orang gangguan jiwa yang mengganggu aktivitas dan masyarakat kampus yang tidak membuang sampah pada tempatnya" katanya menegaskan.

Selain itu, tak jarang juga para pegawai, organisasi mahasiswa ataupun orang yang mampu sering memberikan bantuan kepada kami petugas kebersihan seperti uang, makanan serta ikut berpartisipasi membantu membersihkan lewat program Jumat berbagi, kerja bakti di setiap hari Jum'at


 

Pewarta: Aris Munandar

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023