Tim SAR Gabungan terus melakukan upaya pencarian terhadap Nahkoda dan Juru Masak Kapal LCT Bahana Putra GT 302 yang tenggelam di perairan Pulau Batang Dua, Maluku Utara (Malut)

Kepala Basarnas Ternate, Malut, Fathur Rahman dihubungi, Kamis, menjelaskan pencarian hari ketiga  dimulai pukul 08.00 WIT dan Tim SAR Gabungan melaksanakan "briefing"  persiapan penyelaman untuk melakukan pencarian kedua korban.

Tim SAR Gabungan melakukan penyelaman di sekitar badan kapal Bahana Putra, dengan jumlah penyelam empa orang, terdiri dari dua orang penyelam dari Unit Siaga SAR Morotai dan dua orang dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Tobelo. Kedua identitas korban bernama Buchari Sahafin (66) yang merupakan nakhoda kapal dan Yokzafil Novsan (23), juru masak.

Baca juga: Tim SAR gabungan selamatkan seorang nelayan di perairan Morotai

Sementara (Search and Rescue Unit (SRU) lainnya dengan menggunakan Kapal KNP 4004 KUPP Tobelo melakukan penyisiran di permukaan air.

Diketahui sebelumnya Kapal LCT Bahana Putra GT 302 bertolak dari Manokwari Papua Barat menuju Bitung, Sulawesi Utara dengan Jumlah person on boat  (POB) 10 orang. Namun karena dihantam cuaca buruk Kapal pun tenggelam di perairan Batan Dua. Sebanyak delapan  POB sudah ditemukan dalam keadaan selamat semester dua orang lainnya masih dalam pencarian.

Unsur yang terlibat dalam operasi pencarian, yakni  Basarnas USS Morotai, KPP Ternate, Lanal Morotai, Lanal Ternate, Kodim 1501 Ternate, Babinsa Kodim 1508 Tobelo, Ditpolairud Polda Malut, KSOP Ternate, KUPP Tobelo, KUPP Morotai dan Masyarakat Desa Cera.

Baca juga: Tim SAR Gabungan berhasil selamatkan ABK KM Cendrawasih di perairan Halsel

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023