Kantor Pos Ambon berkolaborasi dengan Bea Cukai Ambon mendukung ekspor produk UMKM lokal Maluku  ke luar negeri.

"Kami berupaya menjembatani pelaku usaha dalam hal ini UMKM binaan bea cukai Ambon melakukan ekspor produk ke sejumlah negara  yang dilakukan melalui pengiriman produk dari kantor pos Ambon," Kata General Manajer Pos Indonesia cabang Ambon, Vicky Vidianto, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, kolaborasi ekspor UMKM lokal telah dilakukan sebanyak empat kali dari kantor pos Ambon berupa produk makanan dan ke sejumlah negara tujuan yakni Australia dan Belanda.

Empat UMKM binaan bea cukai Ambon yaitu Truttys Tahoe Sutra, Nacha, Mie Cempaka dan koperasi Kamboti Rempah Maluku berhasil melakukan ekspor.

"Kerja sama ini merupakan komitmen kami menggerakkan ekonomi lokal, dalam hal ini pelaku usaha di provinsi Maluku,prinsipnya kami terus berusaha memfasilitasi proses ekspor bagi para pelaku UMKM lokal," katanya.

Vicky menjelaskan, pihaknya juga memberikan kemudahan berupa diskon pengiriman produk bagi pelaku UMKM untuk terus mendukung pelaku usaha menuju pangsa pasar internasional.

"Pemberian kemudahan ini menjadi langkah untuk menggerakkan ekonomi lokal, prinsipnya  Kami terus berusaha memfasilitasi proses ekspor yang dimudahkan dengan banyaknya jaringan Pos Indonesia di tanah air," katanya.

Ekspor dari kantor pos menggunakan layanan Express Mail Service (EMS) yang selama ini dimanfaatkan pelanggan pos untuk mengirim barang ke luar negeri dengan waktu pengirimannya hingga tiba ke negara tujuan Asia Tenggara empat hingga lima  hari, Australia, Eropa dan Amerika Serikat berkisar tujuh hingga sembilan hari.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Ambon, Teddy Laksmana menyatakan, pihaknya  memberikan kemudahan bagi pelaku usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk melakukan ekspor produk keluar negeri

Bea Cukai Ambon bekerjasama dengan Kantor pos Ambon melakukan ekspor UMKM ke beberapa negara tujuan setelah melewati beberapa tahapan proses ekspor.

"Ekspor yang dilakukan merupakan angin segar bagi pelaku usaha terutama UMKM di Kota Ambon untuk terus mengembangkan produk untuk proses ekspor," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023