Ambon (Antara Maluku) - Dua pendaki tujuh puncak dunia (seven summits), Sofyan Arief Fesa dan Xaverius Frans dari Mahitala Universitas Parahyangan (Unpar) akan mendaki puncak Gunung Binaya di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah.

Kepastian kedatangan Sofyan Arief Fesa dan Xaverius Frans disampaikan oleh Ferly Ferdiansyah, Sekretaris Umum Perhimpunan Pemuda Sadar Wisata Pecinta Alam (PPSWPA) - Kreativitas Anak-Anak Alam (KANAL) Ambon, Selasa.

Sofyan Arief Fesa dan Xaverius Frans adalah dua dari empat anggota Mahitala yang berhasil mengibarkan bendera Merah-Putih di tujuh puncak dunia untuk pertama kalinya, yakni Carstensz Pyramid (4.884 mdpl), Kilimanjaro (5.895 mdpl), Elbrus (5.642 mdpl), Aconcagua (6.962), Vinson Massif (4.897 mdpl), Everest (8.850 mdpl), dan Denali (6.194 mdpl).

Dua pemuda dari organisasi pecinta alam Unpar Bandung, yang berhasil menyelesaikan "The Seven Summits Expedition" pada tahun lalu itu, dipastikan akan mendaki Gunung Binaya (3.027 Mdpl), salah satu dari "seven summits" di Indonesia.

"Tim ekspedisi Mahitala akan ke Maluku untuk mendaki Binaya. Dua pendaki 'seven summits' dunia akan datang bersama tujuh orang lainnya. Mereka tiba di Ambon pada 26 Mei 2012 pagi," kata Ferdiansyah.

Sembilan orang tim ekspedisi Mahitala Unpar yang akan ke Maluku, yakni Sofyan Arief Fesa, Xaverius Frans, Vera Yuanita, Yessie Agusta, Fiona Ekaristi Putri, Hj Winda Y, Yoga Smara, dan Detri Wulanjari.

Anggota PPSWPA-KANAL Ambon Budi Herman mengatakan, ekspedisi yang dilakukan Mahitala ke Maluku nantinya meliputi pendakian puncak Gunung Binaya, caving (telusur goa) goa Saleman, dan diving di perairan Maluku.

Setelah ekspedisi di Maluku, tim Mahitala akan menuju Papua dan Papua Barat untuk melakukan eksplorasi bawah laut di Raja Ampat, dan mendaki puncak gunung Sudirman di jajaran pegunungan Jayawijaya.

"Kemungkinan jumlah tim ekspedisi Mahitala akan bertambah, tidak hanya sembilan orang," katanya.

Menurut dia, bila tidak berhalangan, pemandu profesional asal Jepang Hiroyuki Kuraoka dari Mountain Experience, yang telah mendaki puncak Everest sebanyak lima kali, dan dua summiters Mahitala, yakni Janatan Ginting dan Broery Andrew juga akan ikut dalam ekspedisi ke Binaya.

"Kami masih menunggu konfirmasi kepastian kedatangan ketiga orang ini," katanya.

Herman menambahkan, selama beberapa bulan terakhir, PPSWPA-KANAL Ambon intens membangun komunikasi dengan pihak Mahitala. Sejumlah informasi penting terkait dengan gunung, goa maupun spot diving dan snorkeling, diberikan untuk mempromosikan Maluku sebagai salah satu tujuan ekspedisi.

"Informasi kami menarik perhatian kawan-kawan Mahitala untuk menjadikan Maluku sebagai program ekspedisi mereka selanjutnya. Kedatangan tim Mahitala akan sangat penting karena reputasi dan prestasi mereka bukan saja dikenal di tingkat nasional, tapi sudah mendunia," ujarnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012