Manajemen PT Mineral Terobos beroperasi di Pulau Gebe, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) memberangkatkan ratusan warga setempat untuk beribadah umrah ke tanah suci Mekkah.

Ketua panitia pemberangkatan Hulida Husen dihubungi, Rabu, mengatakan, pemberangkatan jamaah umrah sudah dilaksanakan melalui tiga tahap yang pertama berjumlah sebanyak 218 orang , tahap dua sebanyak 360 orang dan tahap tiga sebanyak 150 orang j.

"Bukan hanya memberangkatkan masyarakat kecamatan pulau Gebe untuk Umrah, tetapi juga melaksanakan kegiatan keagamaan lainnya," ujar Hulida Husen.

Acara pelepasan ratusan orang jamaah umrah berlangsung di pelabuhan kecamatan Pulau Gebe pada Selasa (1/8/2023) dan hari ini mereka sudah berada di Kota Ternate untuk bersiap-siap ke Tanah Suci.

Dia mengatakan, pada tahap tiga ini sebanyak 118 orang jamaah umrah bagi masyarakat pulau Gebe untuk beribadah umrah di Tanah Suci.

Rombongan ratusan jamaah umrah diangkut menggunakan kapal laut KM. Fajar Mulia II dari pelabuhan Pulau Gebe menuju kota Ternate pada Selasa 1 Agustus.

Jamaah Umrah tiba di Kota Ternate pada Rabu, 02 Agustus 2023 pukul 07.00 WIT jamaah Umrah tiba di Pelabuhan Ternate dan langsung menuju Asrama Haji Ngade untuk beristirahat guna persiapan pemberangkatan ke Jakarta pada Kamis 3 Agustus 2023.

Dia mengaku, setelah tiba di Jakarta 118 orang akan bermalam selama dua hari guna melaksanakan manasik umrah yang dilaksanakan oleh pembimbing dari Kementerian Agama sebelum berangkat melanjutkan perjalanan dari Jakarta ke Madinah pada Sabtu 5 Agustus 2023.

Sementara, HRD PT MT, Piter Manuputty mengatakan, program umroh merupakan program pemilik perusahaan secara pribadi untuk melaksanakan program umrah kepada masyarakat Pulau Gebe. 

"Kami berharap kepada pelaksanaan umroh dapat menjaga kesehatan. Karena di tanah suci saat ini musim panas yang mana melebihi panas di Kecamatan Pulau Gebe, sehingga kami perlu  menyampaikan kepada para jamaah umrah dan saya mohon para jamaah umrah agar menjaga ketertiban dari berangkat disini maupun sampai Kota Jakarta," ujarnya.

Dia menyebut, PT.MT juga telah melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan, olahraga, pendidikan dan kesehatan dan masih banyak kegiatan yang dilakukan PT MT kepada masyarakat Pulau Gebe.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023