Saumlaki (Antara Maluku) - Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) menerjunkan sebanyak 943 personil untuk mengamankan proses pelantikan Bitzael Temmar - Paulus Werembinan Taborat sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati setempat periode 2012 - 2017 yang dijadwalkan berlangsung, di Saumlaki, ibu kota kabupaten MTB, Senin (16/4).

Kapolres MTB AKBP. IDPA Bintang Juliana, di Saumlaki, Minggu membenarkan 943 personil itu termasuk satuan polisi pamong praja (Satpol PP), Brimob Polda Maluku serta personil Kodim 1501, Kodam XVI/Pattimura.

"Seluruh kekuatan Polri dibantu TNI dan Satpol PP diterjunkan untuk mengamankan seluruh proses pelantikan Bupati-Wakil Bupati MTB Bitzael Temmar - Paulus Werembinan Taborat," ujar Kapolres.

Pelantikan Bitzael Temmar sebagai Bupati MTB periode kedua itu akan dilaksanakan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu atas nama Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi.

Kapolres mengakui, beberapa ruas jalan di Saumlaki, ibu kota kabupaten MTB ditutup sementara untuk memperlancar proses pelantikan, di samping sejumlah gedung yang akan digunakan untuk pelantikan telah di sterilisasi dan dijaga aparat kepolisian.

Plt Sekretaris DPRD MTB, Theo Sabono, secara terpisah mengakui, pelantikan akan dilakukan dalam rapat paripurna khusus yang dipimpin P.K. Taborat dan dihadiri Gubernur Maluku, Wakil Menteri Perindustrian, Alex Retraubun, pimpinan TNI/Polri serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Maluku.

"Pelantikan juga dihadiri seluruh pemuka agama, tokoh masyarakat dan pemuka adat serta ribuan masyarakat dari berbagai desa dan kecamatan di MTB," katanya.

Dia berharap pelantikan berjalan lancar dan menjadi momentum kemajuan pembangunan di kabupaten yang berbatasan dengan negara tetangga Timor Leste dan Australia itu, terutama peningkatan kesejahteraan dan pelayanan sosial kemasyarakat.

Temmar dilantik sebagai Bupati MTB periode 2012 - 2017 berdasarkan SK Mendagri No. 131.81-244 tahun 2012 tertanggal 5 April 2012 tentang pemberhentian serta pengangkatan Bupati MTB, sedangkan Werembinan Taborat diangkat berdasarkan SK No.12-245 tahun 2012 tentang pengangkatan Wakil Bupati MTB periode 2012-2017.

Bitzael Temmar - Paulus Werembinan Taborat ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU setempat melalui SK Nomor 33/KPTS/KPU-Kabupaten MTB/2011, setelah keduanya meraih suara mayoritas dalam Pilkada yang berlangsung 17 November 2011 lalu yakni 20.174 suara atau 40, 08 persen.

Bitzael Temmar sebelumnya menjabat Bupati periode pertama 2007-2012 berpasangan dengan Barnabas Orno yang saat ini telah menjabat Bupati Maluku Barat Daya (MBD).

Sedangkan periode kedua Bitzael Temmar berpasangan dengan Paulus Werembinan Taborat yang saat ini masih menjabat Ketua DPRD MTB.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012