Konsulat Jenderal RI di Darwin Gulfan Afero menyebut lomba layar Spice Island Darwin - Ambon (SIDAYR) merupakan upaya merajut kembali hubungan sister city atau kota kembar yang telah terjalin sejak 1976.

"Lomba layar SIDAYR  sempat terhenti penyelenggaraan karena pandemi COVID-19, tetapi di tahun 2023 kembali dilaksanakan dan menjadi langkah baik merajut kembali kerja sama antara kedua pemerintah kota," katanya dalam keterangan yang diterima di Ambon, Minggu.

"Alhamdulillah kegiatan lomba layar Darwin Ambon kembali digelar setelah tiga tahun terhenti akibat pandemi COVID-19, " katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan lomba perahu layar Darwin Ambon digelar dalam rangka implementasi kerjasama kota kembar antara Pemkot Ambon dan Pemerintah Darwin Australia.

Pihaknya berharap, penyelenggaraan kegiatan ini mendapatkan sambutan yang baik dari pemerintah dan masyarakat kota Ambon, karena akan membawa nama baik Pemkot Ambon.

"Kami tentunya juga harapkan tahun akan datang penyelenggaraan acara seperti ini dapat diselenggarakan kembali," katanya.

Konjen RI di Darwin, akan terus mendukung penyelenggaraan kegiatan ini, dengan harapan akan membawa dampak saling menguntungkan bagi Pemerintah kota Darwin, khususnya para penggemar perahu layar maupun untuk perkembangan ekonomi di kota Ambon.

"Kami mengucapkan selamat atas pelaksanaan lomba perahu layar Darwin Ambon," ujar Gulfan Afero.

SIDAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak 1976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaraan.

Lomba SIDAYR pertama kali digelar pada 1976, sempat terhenti karena konflik sosial pada 1999 dan kembali digelar sejak 2007, tetapi mengalami penurunan jumlah peserta.

Penyelenggaraan SIDAYR juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated.

DAYR juga diprakarsai sebuah klub yacht di Darwin yaitu Cruising Yacht Association of The Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023