Satu Pecatur Maluku Amrin Ali memastikan diri lolos menuju babak Play-Off Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI melalui kualifikasi Pra PON wilayah timur.

"Jadi dari enam pecatur yang kita utus, kita cuma bisa meloloskan satu atlet masuk babak play-off saja," ujar Ketua umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi)  Maluku Edwin Adrian Huwae di Ambon, Senin.

Huwae mengatakan hasil tersebut merupakan yang paling maksimal yang dapat diberikan Percasi Maluku selaku tuan rumah Pra PON dari enam atlet yang diterjunkan.

"Babak Play off catur akan dilangsungkan di Bandung, Jawa Barat, pada November 2023," katanya.

Pada daftar peringkat awal Amrin Ali ada di urutan kedua Rating Nasional (RN) 2041 di bawah pecatur Papua Barat Hani Marentek dengan RN 2083.

Namun, saat pertandingan justru Amrin berada di urutan ketiga dengan RN 2041 dengan poin 2,5. Poin Amrin Ali sama dengan poin yang dikemas Hanny Marentek, hanya saja pecatur tuan rumah Maluku kalah 'tie break' atas wakil Papua Barat itu.

Sementara itu pada peringkat pertama kategori perseorangan diduduki pecatur NTB Ramlin dengan RN 1944 dan raihan tiga poin. 

Dengan begitu, Ramlin (NTB) dan Hanny Marentek (Papua Barat) yang lolos ke PON XXI 2024 Aceh dan Sumut.

Sebelumnya pada Pra PON XXI 2023 Catur Zona Timur di Ambon sendiri diikuti oleh lima provinsi yakni Maluku, Maluku Utara (Malut), Nusa Tenggara Barat (NTB),Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua Barat.

Maluku sendiri menerjunkan enam atletnya yaitu Master Nasional (MN) Bily Lokollo, MN Obed Carel Inuhan, Samsul Bahri dan Rick Nelson Kailola di kelompok Beregu.

Sedangkan pada kategori perorangan ada Amrin Ali dan satu pemain cadangan lainnya.

Namun dengan hasil yang kurang memuaskan tim catur Maluku hanya berada di peringkat keempat di bawah peringkat tim NTB, NTT dan Papua Barat.

"Untuk perorangan saya kira itu masih sama dengan PON XX 2021 Papua. Tentunya kita akan berusaha agar atlet perorangan kita yang ikut play- off di Bandung nanti pada November 2023 mudah-mudahan bisa lolos ke PON 2024," ujar Huwae.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023