Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Dhuafa Maluku menggelar Festival Muharram untuk membahagiakan dan memuliakan anak yatim  di daerah itu.


Kegiatan ini berlangsung di salah satu pusat perbelanjaan di Ambon dibuka oleh ketua Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) Maluku-Maluku Utara  Imam Mosanef.


"Kegiatan Festival Muharram ini sudah lazim kita laksanakan bagi umat islam di manapun mereka berada dalam rangka membahagiakan anak-anak kita tercinta dalam lingkup dhuafa yakni yatim, piatu dan yatim piatu," kata ketua Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) Maluku-Maluku utara Imam Mosanef di Ambon, Sabtu.

Pihaknya mengapresiasi  kegiatan yang dilakukan dan membuka diri untuk selalu berkolaborasi dengan instansi manapun selagi sesuai dengan visi misi  dan Dompet Dhuafa salah satu yang digandeng  berkolaborasi dalam melaksanakan acara bermanfaat ini.


Sementara, Kepala Cabang Dompet Dhuafa Maluku La Januri dalam sambutannya menyampaikan Festival Muharram  dikhususkan untuk membahagiakan anak yatim namun  serta  membuka peluang kepada mereka untuk mengikuti berbagai lomba mulai dari mewarnai hingga  story teling. 

"Peserta yang mengikuti kegiatan hari ini berjumlah 104 orang, 84 anak mengikuti lomba mewarnai dan 20 anak mengikuti lomba story teling" katanya

Kegiatan kali ini kita berkolaborasi dengan beberapa instansi yaitu Lembaga Pelayan Masyarakat (LMP), Bank Indonesia (BI), Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) dan Haypermart. Lanjut Januri menjelaskan.

Ketua Panitia Abdul kholik Jasri Galela menyampaikan bulan Muharram merupakan momen mengampanyekan  anak yatim untuk  dibahagiakan dan muliakan 

"Kita selalu berkomitmen dan terdepan dalam mengatasi masalah  yang terdapat di masyarakat untuk  diatasi, salah satunya bentuk yang dilakukan adalah program Festival Muharram untuk membahagiakan dan membantu adik-adik berupa bantuan pendidikan yatim, ujarnya

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan berbagai kegiatan, hari pertama  dilaksanakan lomba mewarnai dan story teling dan hari kedua merupakan puncak kegiatan yaitu Launching bantuan pendidikan yatim, belanja bareng yatim serta Closing ceremony kegiatan.

Salah satu orang tua peserta lomba Mira mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini dengan berbagai lomba yang dilakukan karena dapat mengasah jiwa kreativitas dan bersaing anak.

"Saya berharap kegiatan seperti ini selalu di lakukan bukan saja di bulan Muharram tetapi di momen hari besar bisa dilaksanakan," katanya.
 
Festival Muharam digelar oleh Dompet Dhuafa Maluku . (Antara/Aris Munandar)

Pewarta: Aris Munandar

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023