Konsul Jenderal Australia di Makassar melalui Deputy Consul General Phillippa Amstrong menyatakan, kerja sama sister city atau kota kembar Darwin - Ambon merupakan warisan yang harus tetap dirawat.
 
"Kerja sama sister city melalui berbagai bidang seperti pariwisata melalui lomba layar Darwin Ambon harus terus dilakukan, agar hubungan persaudaraan tetap terjaga dengan baik," kata Deputy Consul General, Phillippa Amstrong di Ambon, Minggu.

Ia mengatakan, berbagai kerja sama telah dilakukan seperti bidang pariwisata maupun pendidikan yang membawa dampak baik bagi kedua kota.

"Tahun ini usai pandemi COVID -19 lomba layar kembali digelar karena itu diharapkan hubungan kerjasama yang telah dilakukan selama ini harus dipertahankan dan ditingkatkan," katanya.

Pelaksanaan lomba layar Darwin Ambon ini, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Darwin, Kota Ambon, Ambon Saling Community dan Dinnah Beach Club.

"Terima kasih atas partisipasi musik jukulele, kegiatan kunjungan yang telah dilakukan ke sekolah di Ambon, tim musik Ambon yang telah meramaikan acara Ambon night di Darwin, serta dukungan seluruh pihak dalam pelaksanaan kegiatan ini," katanya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyatakan, Lomba tahunan ini tidak lepas dari hubungan kerjasama Sister City antara Kota Darwin, Australia dan Kota Ambon yang telah berlangsung sejak 34 tahun silam.

"Kami berharap kerja sama ini akan terus membuahkan hasil positif bagi ke dua kota, tidak semata hanya kerjasama bidang pariwisata dalam bentuk lomba layar, tetapi juga dalam bidang lainnya, yang membawa dampak bagi perekonomian, sosial dan budaya bagi kedua kota," katanya.

Dirinya juga berharap dengan kembali dilangsungkan, Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2023, maka hubungan kerja sama Sister City antara kedua kota akan terus ditingkatkan.

"Kami juga akan terus mengevaluasi pelaksanaan kegiatan internasional ini, agar ke depan makin banyak peserta perahu layar yang berpartisipasi," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023