Pemerintah Provinsi Maluku menilai pelaksanaan Sensus Pertanian 2023  merupakan momentum perbaikan tata kelola pertanian berbasis data.

"Kegiatan ini memiliki misi besar  yang berguna  Provinsi Maluku sebagai momentum  perbaikan tata kelola basis data pertanian terintegrasi," kata Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Le di Ambon, Senin membacakan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail pada  evaluasi penyelenggaraan  sensus pertanian (ST2023)

Menurut dia basis data yang dihasilkan lewat Sensus Pertanian 2023 akan  mendukung agenda besar  reformasi pertanian mulai dari  penyaluran  subsidi pupuk , perbaikan data terpenting, peningkatan  kualitas statistik pertanian serta mendukung transformasi sistem pertanian.

"Dengan demikian akan hadir data yang berkualitas dalam upaya perencanaan  pembangunan pertanian di Provinsi Maluku," kata dia.

Oleh sebab  itu atas nama Pemerintah Daerah Maluku pihaknya memberi apresiasi kepada BPS selaku penyelenggara Sensus Pertanian 2023 apalagi BPS adalah  lembaga yang sangat kompeten  dalam pelaksanaan sensus maupun survei.

Ia menyampaikan dari Sensus Pertanian akan memotret perubahan struktur pertanian Indonesia dalam 10 tahun terakhir , menyediakan kerangka sampel untuk mengumpulkan data statistik pertanian yang lebih rinci serta  menyediakan data yang digunakan  dalam rekonsiliasi statistik pertanian.

Selain itu sensus pertanian  mengumpulkan data untuk memperkuat kebijakan pemerintah  dalam merespon tekanan terhadap sistem pertanian dan pangan Nasional.

Ia  berharap kolaborasi dan sinergitas  antar pemerintah daerah dengan BPS   terus terjalin.

Sementara Ketua Penyelenggara Evaluasi Sensus Pertanian 2023 BPS Maluku Tupa Tampubolong  pihaknya melakukan evaluasi lapangan pendataan sensus pertanian 2023 sebagai bahan rujukan perbaikan data awal  Sensus Pertanian 2023,.

Ia berharap dari pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 akan tersaji data hasil sensus pertanian 2023 yang berkualitas yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak.

Evaluasi menghadirkan tiga orang narasumber yaitu  Kepala BPS provinsi Maluku Maritje Pattiwaelapia, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Muhamad Safar Latuconsina, dan  Dekan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura  Agust Ernst Pattiselano.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023