Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menanam sebanyak 500 anakan pohon di Kota Ambon dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan ke- 78 Republik Indonesia (RI).

"Sesuai petunjuk dari Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri kita melaksanakan penghijauan dan penanaman bibit pohon," kata Kepala Biro SDM Polda Maluku Kombes Pol Boni J. S. Sirait, di Ambon, Jumat.

Sirait mengungkapkan, penanaman anakan pohon juga akan secara serentak dilakukan oleh Kapolri pada 23 Agustus 2023.

"Hari ini secara serentak juga seluruh Indonesia, Karo SDM, Ka SPN dan personelnya masing masing juga melaksanakan penanaman pohon," ujarnya.

Penanaman anakan seribu pohon dirangkai dengan olahraga jalan santai menuju lapangan tembak SPN Polda Maluku yang berada di kawasan desa Passo, Kecamatan Baguala Ambon.

"Jadi sambil menanam pohon kita juga menyehatkan tubuh kita," katanya.

Menurutnya, penanaman pohon merupakan wujud Polri, khususnya Polda Maluku dalam melestarikan negeri untuk penghijauan sejak dini.

Ia berharap, dengan adanya penanaman ratusan anakan pohon ini dapat membantu mencegah perubahan iklim dan menjaga tanah.

“Semoga penanaman pohon ini dapat bermanfaat bagi alam kita, sehingga kita dapat menghirup udara yang segar,” harap Boni.

Ia menjelaskan, untuk hari ini, penanaman pohon yang dilakukan berjumlah 500 anakan. Pohon yang ditanam beragam di antaranya cengkih, pala, mangga, durian dan rambutan.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023