Direktur Ambon Music Office, Ronny Loppies dipercayakan sebagai penilai (evaluator) kota-kota Kandidat Jaringan Kota Kreatif UNESCO (UCCN) Tahun 2023.

"Permintaan Direktur AMO untuk menjadi salah satu penilai, disampaikan Koordinator Kluster City of Music UNESCO Creative Cities Network (UCCN), Sandra Wall melalui surat resmi tanggal 21 Agustus 2023," kata Direktur Ambon Music Office, Ronny Loppies, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, dirinya mendapatkan kepercayaan untuk menjadi koordinator Kluster Kota-Kota Musik Dunia sebagai penilai kota kandidat UCCN.

Kiprah Ambon City of Music katanya, melalui Ambon Music Office semakin diperhitungkan di kancah internasional, terbukti dengan musisi dari Kota Ambon diundang pada berbagai kegiatan yang digelar kota-kota kreatif UNESCO.

"Berbagi kegiatan kota kreatif UNESCO kami diundang untuk terlibat melalui penampilan musisi atau menjadi pembicara dan memaparkan program Ambon city of Music di berbagai negara," katanya 

Ia menyatakan, berbagai kegiatan telah dilakukan sejak ditetapkan sebagai kota musik dalam daftar 66 kota kreatif di dunia, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Bahkan AMO juga telah menyiapkan dokumen pertanggungjawaban sebagai kota kreatif berbasis musik ke UNESCO pada  Oktober 2023.

UCCN didirikan pada  2004, untuk mempromosikan kerja sama antar kota-kota yang telah mengidentifikasi budaya dan kreativitas sebagai faktor strategis, dalam pengembangan perkotaan yang berkelanjutan.

Saat ini Jaringan ini mencakup hampir 300 kota yang bekerja sama menuju tujuan bersama, yaitu menempatkan budaya dan kreativitas di pusat rencana pengembangan perkotaan, untuk menjadikan kota-kota tersebut aman, tangguh, inklusif, berkelanjutan, dan siap menghadapi masa depan sesuai dengan Agenda 2030 PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan, terutama Tujuan 11 tentang perkotaan.

Pada Maret 2023, UCCN meluncurkan aplikasi baru, terbuka untuk kota-kota dari Negara Anggota UNESCO dan Anggota Asosiasi yang tertarik untuk bergabung dengan Jaringan ini.

"Kami berharap  semoga kepercayaan ini dapat diemban dengan baik dan berdampak pada Ambon City of Music yang bukan hanya menjadi kota yang diam sebagai kota musik, namun bergerak dan memberikan sumbangan positif bagi kota-kota musik dunia lain," ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023