Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon membuat taman baca keliling untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah itu.

"Taman baca keliling ini akan hadir dan dilaksanakan oleh setiap koramil jajaran di wilayah masing-masing, saat ini telah diawali oleh Koramil 1504-02/Sirimau," ujar Dandim 1504/Ambon Letkol Arh Tengku Sony Sonatha dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Senin.

Ia mengatakan program tersebut dibuat sekaligus untuk mendukung Pembangunan Wilayah Tertib Reformasi Birokrasi (WTRB) di lingkup TNI-AD.

"Program ini menjadi sorotan baik di dalam institusi TNI juga pada pelayanan publik," ujarnya.

Penggunaan media sosial dan elektronik berbasis digital yang marak, katanya, meski dapat memudahkan masyarakat dalam belajar serta mendapatkan informasi tentang pengetahuan secara cepat, akan tetapi tidak semua masyarakat dapat mengakses internet karena beragam keterbatasan ekonomi.

"Ada sebagian masyarakat juga yang terbatas dalam memperoleh pengetahuan teknologi hal itu menyulitkan sebagian besar masyarakat yang belum mampu menggunakannya, untuk itu inovasi taman baca ini dilakukan," kata dia.

Ia mengemukakan budaya dan minat masyarakat membaca buku saat ini perlu ditingkatkan.

Ia menjelaskan taman baca keliling hadir sebagai salah satu solusi menumbuhkan budaya dan minat membaca bagi semua kalangan.

"Baik bagi pelajar, pemuda, pemudi, masyarakat Kota Ambon, Maluku pada umumnya. Babinsa akan hadir di setiap waktu dan tempat baik di jalan-jalan poros nasional, lorong, dan gang yang ada di perkotaan juga di perkampungan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi," kata dia.

Ia menjelaskan Kodim 1504/Ambon terus berupaya mendukung program kerja Satuan WTRB Inovasi yang berdampak kepada masyarakat di wilayah itu.

"Karena anak-anak Maluku adalah anak-anak Indonesia yang masih sangat mengharapkan dukungan serta sentuhan di sektor pendidikan dan belajar dengan fasilitas yang sama seperti anak-anak di daerah lainnya," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023