Ambon (Antara Maluku) - Wakil Presiden Boediono dijadwalkan melaksanakan silaturahmi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah Provinsi Maluku maupun Kota Ambon, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Maluku, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Ambon, Sabtu, 16 Juni 2012.

Kabag Humas Pemprov Maluku, Booy Kaya, di Ambon, Jumat, mengatakan, silaturahmi Wapres dilaksanakan menjelang keberangkatannya kembali ke Jakarta, dan akan juga melibatkan Bupati dan Wali Kota di daerah ini.

Wapres  dan rombongan tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon pada Jumat (16/6) siang dan akan menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXIV Jumat malam.

"Pastinya berbagai kesiapan menyambut kunjungan Wapres telah rampung, terutama penutupan event ukuwah Islamiah dua tahunan tersebut," kata Booy.

Tarian kolosal

Ketua Harian Panitia Daerah MTQN XXIV Rahman Soumena mengatakan, penutupan kegiatan itu akan dimeriahkan dengan tarian kolosal yang mengilustrasikan masuknya penyiaran agama Islam ke Maluku pada abad ke-12.

Ratusan pelajar SMA dan SMK se- Kota Ambon telah dilatih untuk memeragakan tarian memadukan musik hadrah dan klasik.

Para penari tersebut telah menjalani ujicoba menjelang pembukaan MTQN XXIV oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Ambon pada Jumat (8/6) malam.

"Jadi ujicoba terakhir telah dilaksanakan di lapangan Merdeka Ambon, pada 13 Juni 2012, menyusul jelang pembukaan pada 4 dan 6 Juni lalu," ujar Rahman.

Pada acara pembukaan MTQN XXIV ditampilkan tarian kolosal antarumat yang menggambarkan ketika berlangsung pembangunan Masjid dan Gereja juga oleh ratusan pelajar SMA dan SMK se- Kota Ambon.

"Perhelatan MTQN XXIV ini melibatkan generasi muda agar mereka sejak dini memahami jalinan keharmonisan antarumat beragama sebagai aset budaya bangsa Indonesia yang patut dilestarikan karena merupakan warisan leluhur," tandas Rahman.

Grup musik The Sagoe's pimpinan Frangky Mewar yang mengiringi defile kafilah saat pembukaan event umat Islam dua tahunan tersebut juga siap menyemarakkan malam penutupan..

The Sagoe's melibatkan 24 artis lokal dari dua komunitas dengan latihan selama empat bulan guna menampilkan lagu khas daerah dari masing - masing provinsi.

Lagu - lagu khas daerah masing - masing Provinsi dinyanyikan secara midlley diiringi Frangky Big Band.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012