Ribuan warga Kota Ambon memenuhi ruas jalan Ay Patty Kota Ambon menikmati makanan patita atau makan bersama yang digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 448 kota Ambon.

Makan patita di gelar di sepanjang ruas jalan Ay Patty disuguhkan berbagai jenis makanan tradisional khas masyarakat Maluku, di antaranya kasbi (singkong), pisang rebus, sagu, kohu-kohu (urap), ikan bakar, ikan goreng, colo-colo, ikan kuah, papeda, sayur-sayuran dan berbagai jenis makanan tradisional lainnya.

Ketua Panitia HUT Kota Ambon tahun 2023,   Pieter Saimima menyatakan kegiatan makan patita disiapkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, Kelurahan, desa dan negeri, serta puskesmas dan sekolah.

"Momentum makan patita semua warga Kota Ambon menikmati kuliner yang tersedia sebagai bentuk kebersamaan dan kekeluargaan antar warga," katanya.

Baca juga: Pemkot Ambon gelar Festival Olahraga Tradisional meriahkan HUT Kota

Ia menyatakan sesuai dengan tema HUT Kota tahun 2023 "Ambon par samua" atau Ambon untuk semua, maka momentum makan bersama merupakan bentuk kebersamaan mensyukuri pertambahan usia kota.

Makan patita merupakan sebuah ritual yang sangat kental pada kehidupan masyarakat di Maluku, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur yang disajikan bagi seluruh masyarakat secara gratis.

Salah satu warga kota Ambon, Rafli menyatakan sangat menikmati acara makan patita, karena momentum seperti ini hanya dilakukan satu tahun sekali.

"Paska pandemi COVID- 19 semua warga kembali menikmati kebersamaan dalam makan patita agar lebih mengenal menu khas Maluku sekaligus meningkatkan kekerabatan dan kebersamaan dalam kehidupan masyarakat," katanya.

Perayaan HUT Kota Ambon tahun 2023 dibuka dengan selebrasi tarian tradisional cakalele berupa penari mengenakan baju adat Maluku, sambil membawa bendera tradisional yang disebut "kapata", dan kain panjang yang melingkar berwarna putih (kain gandong).

Selain itu atraksi musik paduan suara, ukulele dan bras kolosal mewarnai peringatan HUT.

Baca juga: Umat beragama gelar doa bersama sambut HUT ke-448 Kota Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023