Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melaksanakan Festival Olahraga Tradisional dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-448 Kota Ambon.

"Guna membangkitkan kembali semangat mencintai dan menjaga kelestarian olahraga tradisional, maka dilaksanakan berbagai perlombaan  yang diikuti peserta dari lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah Negeri, Desa, Kelurahan, Kecamatan, di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon," kata Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse di Ambon, Jumat.

"Seluruh pegawai terlibat dalam lomba olahraga tradisional sebagai upaya melestarikan olahraga tradisional bagi generasi muda," katanya.

Olahraga tradisional yang  dilombakan yaitu , engrang, tarompah panjang, hadang atau assen, hela rotan atau tarik rotan dan lari karung.

Ia mengatakan olahraga tradisional tercipta dari permainan rakyat sebagai pengisi waktu luang, dan merupakan salah satu peninggalan budaya nenek moyang yang memiliki kemurnian dan corak tradisi setempat.

 "Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka kekayaan budaya tradisional semakin lama semakin tenggelam. Ini merupakan suatu keprihatinan bagi kita semua jika tidak dilestarikan maka lambat laun budaya akan semakin tenggelam dan punah," katanya. 

Melalui Festival Olahraga Tradisional katanya, semangat kekeluargaan, hubungan persaudaraan akan semakin terjaga dan kenyamanan dalam kota Ambon tercipta semakin baik.

Kegiatan ini tentunya akan semakin meningkatkan kebersamaan di antara para pegawai  dalam kompetisi yang sehat, menambah kawan tentunya dikedepankan dalam lomba ini.

"Kami berharap festival ini nantinya akan menjadi agenda tetap yang rutin dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga di lingkup Pemkot Ambon, " katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Richard Luhukay menambahkan olahraga tradisional harus terus dilestarikan dan dibudayakan di masyarakat hingga mampu menjadi pilihan permainan bagi anak-anak muda

"Festival olahraga tradisional ke depan akan terus dilaksanakan di tengah tingginya gempuran arus digitalisasi," katanya.


 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023