Sekretaris Daerah Maluku Sadli Ie memastikan jadwal pelantikan Rakib Sahubawa sebagai Penjabat Bupati Maluku Tengah pada 12 Sepetember 2023.

"Pelantikan PJ Bupati Malteng dilaksanakan seiring berakhirnya masa jabatan Muhammat Marasabessy sebagai penjabat bupati," kata Sekda di Ambon, Kamis.

Sehingga pelantikan Rakib sebagai penjabat bupati saat itu agar tidak terjadi kevakuman pemerintahan di Kabupaten Maluku Tengah.

Menurut dia, nomor Surat Keputusan Mendagri tentang pengangkatan Rakib sebagai Pj Bupati Malteng hingga 2024 mendatang secara etika nantinya akan dibacakan pada saat acara pelantikan.

"Kalau saya sebut nomor SK sekarang tidak etis, dan Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku telah menerima SK tersebut di Kemendagri hari ini," jelas Sekda.

Rakib Sahubawa selama ini menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah.

Keputusan Rakib sebagai Penjabat Bupati Malteng setelah melalui penetapan Tim Penilaian Akhir yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

Sebelumnya Pemprov Maluku mengusulkan lima nama sebagai calon Penjabat Bupati Maluku Tengah ke Kemendagri untuk dinilai pemerintah antara lain Rakib Sahubawa, Muhammat Marabessy, Ahmad Jais Ely, Yahya Kotta, dan Bob Rahmat.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023