Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Tauhid Soleman resmi mencopot jabatan Sekretaris Kota (Sekkot) Ternate, yang diemban DR Jusuf Sunya dan digantikan  Abdullah Hi M Saleh yang selama ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas  Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota ternate,

Pergantian DR. Jusuf Sunya Ternate berdasarkan Surat Perintah Tugas Nomor 824.4/4207/2023 tertanggal 11 September 2023 kepada  Abdullah Hi M Saleh saat ini menjabat Kepala Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate. Sedangkan Jusuf Sunya digeser ke Staf Ahli Wali Kota Ternate.

"Untuk pergantian jabatan Sekkot merupakan hasil uji kompetensi, mulai dari kinerja seorang pejabat dan tidak hanya dinilai berdasarkan hasil kerja, tetapi perilaku kerja yang menjadi indikator penting dalam penilaian sasaran kerja pegawai," kata Wali Kota Ternate, DR Tauhid Soleman usai melakukan pelantikan puluhan pejabat di lingkup Pemkot Ternate berlangsung di aula Kantor Wali Kota Ternate, Senin.

Meskipun dicopot, Jusuf Sunya dimutasikan sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kota Ternate setelah ditinggal Arif Gani.

Menurut Wali Kota, selaku pejabat pembina kepegawaian, memiliki kewenangan untuk melakukan koreksi dan kalau ada hal-hal yang tidak sejalan tentunya dilakukan mutasi dan rotasi.

Sebab, dalam birokrasi itu merupakan hal yang lumrah, tetapi esensi dari pelantikan bukan hanya pergantian orang, tetapi juga perbaikan kualitas kerja untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas.

Dirinya menyebut, pelantikan dilakukan karena ada yang pensiun jabatan kosong dan perubahan nomenklatur dan merupakan bentuk dan bahan evaluasi dari kinerja selama ini.
Wali Kota Ternate, DR Tauhid Soleman bersama Sekretaris Kota (Sekkot) Ternate, DR Jusuf Sunya usai bersangkutan dicopot dalam pelantikan puluhan pejabat di lingkup Pemkot Ternate berlangsung di aula Kantor Wali Kota Ternate, Senin (11/9/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)
 Pelantikan ini juga, katanya dimaksudkan sebagai penyegaran organisasi secara keseluruhan dan untuk pengembangan karir seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Ternate.

Dikatakannya, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini merupakan kewajaran dari sebuah dinamika kehidupan organisasi untuk pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan dan dinamika dalam proses pelantikan lebih diutamakan untuk pemantapan peningkatan kinerja dan mutu, serta kualitas yang lebih baik di Kota Ternate ke depan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023