Ambon (Antara Maluku) - Dinas Pendidikan Ambon akan melaksanakan ujian penyetaraan paket A, B, C dan C kejuruan bagi siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

"Ujian penyetaraan itu dilaksanakan serentak tanggal 16-18 Juli 2012," kata Kepala Dinas Pendidikan Ambon Benny Kainama, di Ambon, Sabtu.

Ia mengungkapkan, sebanyak 1.114 siswa kelompok belajar akan mengikuti ujian yang dilaksanakan di lima lokasi, yakni SD Negeri I dan II Tanah Tinggi, SD Al-Wathan, SD Negeri I Galala, SMP Negeri 6, dan SMA PGRI.

Para siswa itu terdiri dari 54 siswa yang mengikuti paket A, 304 siswa paket B, 640 siswa paket C, dan 116 siswa paket C kejuruan.

"Para peserta merupakan siswa yang tidak lulus dalam ujian nasional dan sebagian putus sekolah tetapi berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan," katanya.

Peserta ujian paket terdiri atas siswa yang belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Mata pelajaran yang diujikan dalam penyetaraan paket A, B dan C sama seperti jadwal ujian nasional.

Jadwal ujian paket C disesuaikan dengan jurusannya seperti IPS yakni PPKN, bahasa Inggris, sosiologi, geografi, bahasa Indonesia, ekonomi dan matematika, sedangkan IPA meliputi biologi, kimia, dan fisika.

"Sedangkan paket A dan B yakni PPKN, bahasa Indonesia, matematika, IPA dan IPS," katanya.

Kainama menambahkan, hasil ujian paket akan diumumkan pada Agustus 2012 sehingga sertifikat peserta paket C dapat digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi.

"Sertifikat ujian penyetaraan ini dapat digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, sehingga lulusan paket C tidak perlu minder melanjutkan kuliah," ujar Kainama.

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012